Renovasi Rumah Hemat Biaya & Irit, Ikuti Tips & Triknya

Reading Time: 5 minutes

Renovasi Rumah Hemat Biaya & Irit, Ikuti Tips & Triknya

01 Maret 2024 | Reading Time: 5 minutes

jasa renovasi rumah mewah renovasi rumah hemat biaya irit ikuti tips triknya renovasi rumah

Berencana untuk mempercantik rumah? Maka renovasi rumah adalah solusinya. Banyak hal bisa dilakukan untuk mempercantik rumah impian seperti menata ulang dekorasi, mengganti warna cat dinding hingga memugar rumah untuk mengubah desainnya.

Meski terlihat mudah, nyatanya banyak yang mengeluhkan jika melakukan renovasi ternyata memerlukan biaya yang tidak sedikit. Nyatanya dengan perencanaan yang cermat serta tepat, renovasi dapat dilakukan meski dengan anggaran terbatas sekalipun. Penasaran bagaimana tips yang bisa dilakukan untuk merenovasi rumah dengan biaya yang hemat, simak penjelasan berikut ini.

Tips Hemat Renovasi Rumah Budget Terbatas

Memiliki rumah yang nyaman dan kekinian tentu menjadi impian semua orang. Hal ini bisa dilakukan hanya dengan merenovasi rumah. 

Namun banyak yang berpikiran akan memakan banyak waktu dan biaya. Tak perlu khawatir karena tips berikut ini bisa dilakukan untuk memugar rumah dengan budget terbatas sekalipun.

- Mengecek kondisi rumah

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu memeriksa kondisi bangunan guna mengetahui bagian mana saja yang memerlukan pembaruan. Dengan menyeleksi bagian mana yang dibutuhkan maka pemilik tak perlu khawatir lagi terjadi pembengkakan biaya. Jadi hal yang perlu diperhatikan di sini adalah memperhatikan kondisi rumah yang paling mendesak untuk dilakukan renovasi atau perbaikan.

Beberapa kondisi yang dinilai tidak mendesak untuk dilakukan renovasi adalah cat yang mengelupas. Jika memang ingin ganti suasana namun belum ada biayanya maka tak apa untuk mengurungkan niat terlebih dahulu.

Namun jika terdapat kondisi yang sangat mendesak contohnya pipa bocor, dinding retak, atap keropos dan lainnya maka penting sekali untuk dilakukan renovasi sesegera mungkin. Jika hal tersebut terjadi dan ada dana yang cukup maka bisa dilakukan dengan sekalian mengganti desain yang diinginkan atau mengganti warna cat dinding kekinian.

- Menetapkan area utama yang akan direnovasi

Tips selanjutnya tentukan area prioritas yang perlu dirombak. Hal tersebut karena jika hanya menuruti keinginan tanpa memperhatikan area utama yang perlu dirombak bisa berpotensi mengalami pembengkakan biaya. Maka dari itu perlu ditetapkan dulu area mana yang menjadi prioritas untuk menghemat biaya.

- Menentukan desain

renovasi rumah hemat biaya irit ikuti tips triknya 1 renovasi rumah

Selanjutnya menentukan desain sebelum merombak rumah juga penting dilakukan. Hal ini juga dapat menekan biaya pengeluaran. Hal tersebut karena jika desain sudah dipastikan maka dalam prosesnya pasti tidak akan bingung dan tidak akan berpotensi mengeluarkan banyak biaya akibat dari perubahan konstruksi yang tidak direncanakan.

Penentuan desain ini juga bisa mempermudah dalam mengalokasi dana yang dikeluarkan. Itulah tips hemat yang bisa dilakukan dalam renovasi rumah. Dalam menentukan desain ini saran yang bisa diberikan adalah memaksimalkan ruang penyimpanan.

Cara ini diketahui dapat membuat rumah terlihat rapi. Selain itu untuk mempercantik tampilan, warna lemari penyimpanan juga dapat disesuaikan dengan warna cat dinding maupun sesuai preferensi yang diinginkan. Tips hematnya carilah furnitur bekas namun masih layak pakai lalu cat ulang dengan warna kesukaan dan hasilnya pasti akan seperti baru.

Tips selanjutnya manfaatkan cermin supaya ruangan terlihat lebih luas. Jadi renovasi yang dilakukan tak perlu dilakukan besar-besaran. Hanya dengan menambahkan cermin saja maka ruangan akan tampak lebih luas dibanding dengan yang sebenarnya.

- Melakukan riset

Jangan lupa juga untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu baik itu riset harga material maupun jasa tukang. Hal ini penting dilakukan khususnya bagi yang memiliki dana terbatas. Dengan dilakukannya hal ini memungkinkan untuk memperoleh bahan berkualitas namun dengan harga yang terjangkau.

Mengapa perlu dilakukan riset jasa tukang juga? Hal tersebut karena beberapa kasus yang terjadi banyak kontraktor yang tidak selesai melakukan pengerjaan sebab hasil kerjanya yang kurang memuaskan. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut lakukan riset dan pilih jasa tukang yang memiliki reputasi terbaik dan terpercaya.

- Menetapkan anggaran

Hal yang tak boleh terlupakan adalah menetapkan anggaran dalam merenovasi rumah. Tidak hanya dalam membangun rumah saja namun merombak rumah juga perlu perencanaan rincian anggaran. Jadi setelah dilakukan riset, akan ada gambaran mengenai berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan.

Maka dari itu bisa dilakukan pencatatan mengenai rencana anggaran yang disesuaikan dengan budget yang tersedia. Jika ternyata dana tidak cukup maka bisa dilakukan pengecekan ulang terhadap material yang telah dipilih dengan mengganti alternatif material lain dengan harga berbeda namun dengan kualitas yang sama. Namun perlu diingat sebisa mungkin untuk memilih material dengan kualitas terbaik supaya proses renovasi yang dilakukan dapat bertahan lama.

- Memilih dekorasi second hand

renovasi rumah hemat biaya irit ikuti tips triknya 2 renovasi rumah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dalam menyiasati desain rumah yaitu dengan memaksimalkan ruang penyimpanan. Bisa dipilih lemari penyimpanan bekas yang disulap menjadi baru, begitu juga dengan dekorasi ruangan lainnya. Jika ingin suasana baru namun tidak memiliki dana yang cukup, dekorasi second hand bisa menjadi pilihan.

Tidak harus baru karena jika memang kualitasnya masih baik, dekorasi ruangan tersebut masih bisa dimanfaatkan. Dekorasi second hand ini dijadikan solusi sebab kebanyakan dekorasi bekas ini dijual dengan harga yang sangat murah. Meski begitu tetap harus selektif dalam pemilihan barangnya ya.

Demikian beberapa tips renovasi rumah yang bisa dilakukan dengan budget terbatas. Semoga informasi ini dapat menginspirasi dan bisa dijadikan sebagai referensi dalam merombak rumah dengan menghemat biaya. Ternyata untuk memiliki rumah impian tak perlu memerlukan banyak biaya namun dengan kekreatifan yang dimiliki bisa menyulap rumah yang diinginkan hanya dengan budget terbatas.

---

Miliki Rumah Mewah Impian Anda! Segera konsultasikan ke Mata Air yang profesional dan sudah berpengalaman!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas dan bangunan komersil yang mewah secara profesional.

Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian impian Anda maupun tempat usaha dan bisnis milik Anda yang mewah, elegan, dan berkualitas tinggi, tentunya tanpa mengesampingkan style arsitektur dan interior yang Anda sukai.

Lihat layanan lengkap dari Mata Air disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: Arsip Mata Air Group