Renovasi Rumah yang Ideal, Kenali Jenis-Jenisnya Di sini

Reading Time: 5 minutes

Renovasi Rumah yang Ideal, Kenali Jenis-Jenisnya Di sini

01 Maret 2024 | Reading Time: 5 minutes

jasa renovasi rumah mewah

Seiring berjalannya waktu, bangunan juga mengalami penurunan kualitas. Dibutuhkan pemeliharaan serta perbaikan secara berkala. Maka dari itu renovasi rumah dilakukan sebagai cara untuk merawat sekaligus mempercantik hunian.

Selain itu tidak semua orang menempati sebuah hunian baru, ada juga yang menempati hunian lama yang perlu diperbaiki. Maka dari itu perlu dilakukan renovasi sesuai dengan kebutuhan. Lantas apa saja jenis-jenis renovasi bangunan itu sendiri?

Jenis-jenis Renovasi Secara Umum

Perlu diketahui bahwa secara umum, renovasi dibagi menjadi 3 jenis di antaranya:

- Renovasi Total

Sesuai dengan namanya, jenis renovasi ini melibatkan perombakan total pada sebuah rumah. Jadi pada perombakan ini melibatkan pekerjaan besar contohnya perombakan struktur rumah maupun pembaruan sistem listrik maupun penggantian lantai dan juga pembaruan pada sistem perpipaan. Jika akan melakukan perombakan dengan skala pengerjaan besar maka renovasi tersebut dikatakan sebagai renovasi total.

- Renovasi Fungsional

Jenis renovasi selanjutnya merupakan renovasi fungsional yang bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi dari sebuah ruangan dengan mengubah tata letak maupun fungsi ruangan agar lebih efisien. Umumnya renovasi ini dilakukan bila pemilik rumah menginginkan untuk mengubah tata letak pada rumah. Contohnya mengubah area kamar menjadi kantor maupun menggabungkan dapur dengan ruang makan. 

- Renovasi Estetika

renovasi rumah mewah yang ideal

Jenis renovasi ini melibatkan adanya perubahan tampilan rumah tanpa dilakukan perubahan struktur maupun tata letak. Jadi pada renovasi ini bisa fokus terhadap penggantian dekorasi maupun interior yang ada pada bagian rumah. Contoh pekerjaannya meliputi penggantian warna cat dinding, pergantian plafon, penggantian kabinet atau furnitur lainnya, perbaikan keramik atau penambahan dekorasi lainnya.

Meski terlihat sangat mudah, jangan anggap sebelah mata untuk jenis renovasi ini. Hal tersebut karena diperlukan perencanaan yang matang juga. Jangan sampai untuk memenuhi keinginan pribadi karena ingin memiliki furnitur baru dan kekinian yang diinginkan justru akan membuat tampilan rumah menjadi sempit.

Jadi sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa luas ruangan di rumah cukup dengan beberapa dekorasi atau furnitur yang akan ditambahkan. Jika ternyata tidak cukup dan justru membuat rumah menjadi sumpek maka perlu dilakukan pemikiran yang matang untuk menyiasati renovasi ini. Berbagai solusi dapat dilakukan bisa dengan penggantian furnitur, jadi bukannya ditambahkan namun mengganti furnitur lama dengan yang baru.

Jadi furnitur lama bisa dikeluarkan atau solusi lainnya adalah melakukan renovasi lainnya dengan menambah ruangan untuk menyimpan dekorasi atau furnitur baru tersebut. Hal tersebut karena faktor kenyamanan menjadi hal nomor satu yang wajib diperhatikan.

Itulah beberapa jenis renovasi secara umum yang perlu diketahui. Jenis renovasi selanjutnya juga bisa dibagi berdasarkan cakupan pekerjaan yang akan dibahas di bawah ini.

Jenis-jenis Renovasi Rumah Berdasarkan Cakupan Pekerjaan

Jenis-jenis renovasi selanjutnya dibagi berdasarkan cakupan pekerjaan yang bisa dilihat dari skala ringan hingga besar. Untuk penjelasan lebih lanjut simak di bawah ini.

- Renovasi Ringan

Jenis renovasi yang pertama yaitu renovasi berskala ringan yang dilakukan untuk perbaikan area tertentu dengan waktu pengerjaan satu sampai tujuh hari. Pengerjaan untuk skala ini dapat dilakukan oleh satu sampai dua orang pekerja saja tergantung dari tingkat kesulitannya. Dalam hal ini pemilik hanya membutuhkan jasa tukang saja.

Lalu untuk pengawasan dan pengecekan dapat dilakukan sendiri. Adapun pekerjaan yang mencakup pada renovasi ini meliputi pengecatan dinding ataupun plafon, penggantian daun pintu dan juga jendela, menambah bukaan ruangan ataupun membongkar dinding dan juga mengganti keramik lantai. Pekerjaan lainnya contohnya sebatas memperbaiki instalasi listrik maupun saluran air. 

Pada jenis renovasi rumah ini, perubahan struktur bangunan tidak terlihat dan begitu renovasi dilakukan pemilik rumah bisa tetap tinggal pada bangunan tersebut. 

- Renovasi Sedang

Jenis renovasi selanjutnya yaitu renovasi sedang yang bisa memakan waktu lebih dari 1 minggu hingga belasan hari. Waktu pengerjaannya bisa lebih lama dari perkiraan sebab hal tersebut berpatokan pada luas pengerjaan bangunan serta jumlah tenaga tukang yang mengerjakan renovasi tersebut.

Proses pengerjaan yang dilakukan di antaranya mengubah tampak depan bangunan, menambah ruangan atau kamar, membuat teras hingga mengubah pagar rumah. Pada keadaan ini biasanya penghuni rumah perlu pindah ke tempat lain untuk sementara waktu.

Hal tersebut karena proses pengerjaan ini dinilai cukup mengganggu kenyamanan aktivitas yang ada di rumah. Dengan demikian, perbaikan yang cukup besar ini memaksa penghuni rumah untuk pindah sementara waktu. 

- Renovasi Total

renovasi rumah mewah yang ideal

Jenis renovasi yang terakhir memiliki waktu pengerjaan paling lama sesuai dengan namanya perbaikan yang dilakukan meliputi hampir seluruh bagian rumah. Waktu pengerjaannya bisa mencapai berbulan-bulan sebab pada renovasi total ini akan dilakukan perombakan di seluruh bagian rumah. 

Contoh renovasi yang dilakukan adalah pembuatan dak, mengganti atap, melakukan perubahan total pada tata letak bangunan, menambah lantai bangunan hingga semua pekerjaan renovasi ringan dan sedang yang digabung menjadi satu. Jenis renovasi ini juga sering kali disebut dengan renovasi besar karena berkaitan dengan perubahan struktur bangunan.

Untuk jenis renovasi ini diperlukan perencanaan yang sangat matang. Jadi tidak hanya jasa tukang biasa saja yang dibutuhkan, pada prosesnya bahkan melibatkan arsitek serta ahli struktur bangunan untuk mendapat hasil optimal.

Demikian jenis-jenis renovasi rumah yang perlu diketahui. Jadi setelah mengetahui berbagai jenis renovasi yang ada ketika akan berkonsultasi atau memanggil jasa tukang, bisa dipilih dengan tepat sesuai dengan jenis renovasi yang dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan pembaca terkait bidang konstruksi.

---

Gunakan jasa renovasi rumah dari Mata Air untuk mewujudkan rumah mewah impian Anda! Segera konsultasikan ke Mata Air yang profesional dan sudah berpengalaman!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas dan bangunan komersil yang mewah secara profesional.

Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian impian Anda maupun tempat usaha dan bisnis milik Anda yang mewah, elegan, dan berkualitas tinggi, tentunya tanpa mengesampingkan style arsitektur dan interior yang Anda sukai.

Lihat layanan lengkap dari Mata Air disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: Arsip Mata Air Group