Renovasi Rumah, Ketahui Hal-hal Penting Sebelum Melakukannya

Reading Time: 5 minutes

Renovasi Rumah, Ketahui Hal-hal Penting Sebelum Melakukannya

01 Maret 2024 | Reading Time: 5 minutes

renovasi rumah

Banyak alasan mengapa harus dilakukan renovasi rumah untuk menghadirkan rumah impian. Ada yang disebabkan karena usia rumah yang sudah tua sehingga perlu diperbaiki. Ada juga yang ingin renovasi dengan tujuan untuk mengubah desain rumah sesuai keinginan.

Namun dibalik itu semua tujuan dari pemugaran ini tentu saja supaya hunian semakin nyaman dan dapat bertahan lama. Tidak hanya pada proses pembangunan rumah saja yang membutuhkan persiapan, dalam merenovasi rumah juga terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan dengan matang. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemugaran.

Hal-hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Renovasi Rumah

Secara umum, renovasi berarti suatu proses atau kegiatan untuk memperbaiki, merombak maupun menyempurnakan struktur dan bentuk rumah. Dalam melakukan renovasi atau pemugaran terdapat hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu atau perlu adanya perencanaan yang matang. Apa saja itu, simak informasi di bawah ini.

- Merencanakan dengan matang

Perencanaan adalah langkah awal yang dilakukan pada setiap kegiatan apa pun supaya sebuah kegiatan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Hal ini juga berlaku pada renovasi hunian. Sebelum melakukan renovasi hal yang bisa dilakukan adalah konsultasi terhadap tenaga profesional yang ahli di bidangnya contohnya arsitek maupun desainer interior. 

Tahapan ini tak boleh terlewatkan sebab gambaran terhadap rumah terlihat lebih konkret. Dengan begitu berbagai hal bisa disiapkan sebelumnya. Meskipun sketsa yang ditampilkan biasanya hanya dalam bentuk 2D atau 3D namun hal tersebut memberikan gambaran yang cukup jelas.

Selain itu persiapan ini juga termasuk dalam mengetahui material apa saja yang akan digunakan. Seperti yang diketahui peran material di sini juga sangat penting dalam menjaga kondisi rumah terlebih digunakan untuk renovasi sehingga bisa lebih awet.

- Mempersiapkan anggaran

Hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah membuat rincian biaya pengeluaran atau anggaran yang diperlukan dalam melakukan renovasi ini. Apabila memanfaatkan tenaga profesional biasanya untuk rancangan anggaran ini sudah dihitung oleh jasa tersebut. Jadi hal yang perlu dilakukan hanyalah melakukan konsultasi terhadap proposal anggaran yang diberikan oleh tenaga profesional.

Meski begitu perlu diketahui bahwa dalam merumuskan anggaran bangun rumah maupun renovasi, hal yang dihitung adalah dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuannya. Volume pekerjaan ini dapat dihitung dalam satuan m atau m2 dan juga m3 tergantung luas bangun maupun lahan yang akan direnovasi.

Sementara harga satuannya mengacu terhadap akumulasi biaya material dan juga biaya tenaga kerja. Jadi jika tidak menggunakan tenaga profesional, dapat dihitung secara mandiri menggunakan rumus ini.

- Memahami luas bangunan serta lahan rumah dengan tepat

hal penting sebelum renovasi rumah

Mengenali luas bangunan maupun lahan mempunyai peranan tersendiri untuk mengatur biaya yang diperlukan pada renovasi rumah. Dengan mengetahui lebih detail mengenai rumah yang akan direnovasi memungkinkan untuk mengetahui setiap detail yang ada sehingga jika tidak diperlukan perombakan besar-besaran tidak harus dilakukan hal tersebut. Hal ini tentunya bisa memangkas biaya pemugaran rumah yang ada.

- Selalu persiapkan dana tak terduga

Walaupun budget yang diperlukan telah disetujui dan diperhitungkan pada perhitungan anggaran. Namun tetap saja bahwa perlu diingat di sini setiap hal mungkin saja terjadi. Bisa saja terdapat hal-hal yang berada di luar rencana.

Maka dari itu diperlukan cadangan biaya terhadap hal-hal tidak terduga. Kejadian di luar rencana yang mungkin terjadi di antaranya adanya perubahan harga bahan baku atau faktor alam yang tiba-tiba harus membuat para pekerja menunda pekerjaan. Dengan begitu tentunya waktu serta biaya yang dikeluarkan mau tak mau akan terkuras.

Maka dari itu saran yang diberikan adalah menyiapkan dana darurat atau yang tak terduga kira-kira sebanyak 10 sampai 20% dari budget anggaran utama supaya proses renovasi dapat berjalan lancar.

- Meminta izin pada tetangga sekitar

hal penting sebelum renov rumah

Hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan dan tak boleh terlewat adalah meminta izin pada lingkungan sekitar. Hal ini mungkin terlihat sepele namun nyatanya hal ini sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut karena meski hanya melakukan renovasi berskala kecil namun hal ini memungkinkan mengganggu warga sekitar.

Maka dari itu meski berskala kecil maupun besar sebaiknya sebelum melakukan renovasi perlu dilakukan perizinan pada lingkungan sekitar. Tak perlu bersifat formal atau melakukan perizinan secara resmi hanya dengan memberi tahu bahwa memohon maaf akan mengganggu waktunya dalam waktu beberapa hari ke depan. Seperti yang diketahui meski berskala kecil, melakukan renovasi tetap saja pasti akan ada beberapa waktu para pekerja akan membuat gaduh dengan peralatan yang digunakan.

Maka dari itu supaya lingkungan sekitar merasa nyaman perlu diberitahu hal tersebut sebelum dilakukan renovasi. Tak perlu banyak-banyak, cukup tetangga sebelah saja yang diberi tahu mengenai hal tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemugaran rumah. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hal penting dan paling utama yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemugaran rumah adalah memperhitungkan rincian anggaran secara tepat supaya proses berjalan lancar.

Selain itu sangat disarankan untuk menggunakan tenaga profesional untuk melakukan renovasi rumah ini. Dalam menentukan tenaga profesional pastikan telah memilih jasa kontraktor terpercaya dan berpengalaman menangani berbagai proses bangun rumah maupun renovasi.

Bukan membuat pengeluaran menjadi banyak, justru dengan menggunakan tenaga ahli ini biaya pengeluaran justru dapat ditekan karena telah diperhitungkan oleh tenaga berpengalaman. Semoga informasi ini bermanfaat.

---

Gunakan jasa renovasi rumah dari Mata Air untuk mewujudkan rumah mewah impian Anda! Segera konsultasikan ke Mata Air yang profesional dan sudah berpengalaman!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas dan bangunan komersil yang mewah secara profesional.

Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian impian Anda maupun tempat usaha dan bisnis milik Anda yang mewah, elegan, dan berkualitas tinggi, tentunya tanpa mengesampingkan style arsitektur dan interior yang Anda sukai.

Lihat layanan lengkap dari Mata Air disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: Arsip Mata Air Group