Mengenal Sistem Plumbing Pada Rumah Tinggal

Mengenal Sistem Plumbing Pada Rumah Tinggal

19 Agustus 2022 | Reading Time: 3 minutes

mata air Sistem plumbing
Sumber: tti.co.id

Sistem plumbing merupakan sebuah sistem yang digunakan dalam memasang dan memelihara hal-hal yang terkait pemipaan sanitasi, drainase, ventilasi, dan pasokan air pada sebuah bangunan, termasuk bangunan rumah tinggal.

Karena dalam merencanakan dan membangun sebuah bangunan, sistem ventilasi, sanitasi, drainase, dan sistem pasokan air merupakan komponen yang sangat krusial dan penting

Kali ini Mata Air akan membahas mengenai sistem plumbing yang ada kaitannya dengan komponen pengaturan aliran air pada suatu bangunan rumah tinggal.

Ingin mengenal sistem plumbing yang terkait pengaturan aliran air pada sebuah bangunan rumah tinggal?

Mari simak ulasannya!

1. Instalasi Plumbing Untuk Air Bersih

mata air Sistem plumbing
Sumber: freepik.com

Instalasi plumbing untuk air bersih berfungsi menyediakan pasokan air bersih untuk memenuhi berbagai kebutuhan air bersih di suatu bangunan, seperti kebutuhan untuk mandi, mencuci, masak, menyiram tanaman, dan lain sebagainya.

Pasokan air bersih ini bisa disimpan terlebih dahulu di tanki yang sudah disediakan, untuk kemudian didistribusikan di bangunan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

2. Instalasi Plumbing Untuk Air Hujan

mata air Sistem plumbing
Sumber: en.lesso.com

Instalasi plumbing untuk air hujan berfungsi untuk mengalirkan air hujan secara cepat dan tepat saat sewaktu-waktu terjadi hujan.

Instalasi plumbing untuk air hujan ini dipasang di area atap, yaitu berupa talang air, lalu kemudian dialirkan dengan pipa-pipa ke arah drainase bangunan maupun drainase kota.

Pemipaan air hujan ini penting ada di setiap bangunan, termasuk rumah tinggal, untuk menghindari terjadinya rembes hingga genangan air hujan di bagian-bagian tertentu pada bangunan.

Dengan sistem pemipaan yang baik untuk air hujan, diharapkan mampu mencegah kerusakan bangunan akibat air hujan.

3. Instalasi Plumbing Untuk Air Bekas

mata air Sistem plumbing
Sumber: homelava.com

Instalasi plumbing untuk air bekas berfungsi untuk mengalirkan dan membuang air bekas pemakaian rumah tangga, seperti air bekas mencuci piring di sink dapur, air bekas mandi yang masuk ke floor drain, air bekas mencuci tangan di wastafel, dan sebagainya.

Biasanya pada instalasi jenis ini, air bekas pemakaian rumah tangga tersebut dialirkan dan dibuang ke tanah, atau bisa juga dialirkan ke saluran pembuangan atau drainase kota.

4. Instalasi Plumbing Untuk Air Kotor

mata air Sistem plumbing
Sumber: pinterest.com

Instalasi plumbing untuk air kotor berfungsi mengalirkan dan membuang air kotor dari kloset kamar mandi.

Berbeda dengan sistem plumbing untuk air bekas, sistem plumbing untuk air kotor ini harus dialirkan dan dibuang langsung ke septic tank, dan tidak boleh langsung dibuang ke sistem drainase kota.

Rencanakan dan Aplikasikan Sistem Plumbing Dengan Tepat Agar Rumah Berfungsi Optimal

mata air Sistem plumbing
Sumber: preferredplumbing.ca

Setelah membaca artikel di atas, sekarang tentunya Anda tidak bingung lagi kan membedakan jenis-jenis instalasi dan pengaturan aliran air pada sistem plumbing di sebuah rumah tinggal?

Maka, rencanakan dan aplikasikan sistem plumbing yang tepat dan matang agar rumah tinggal Anda berfungsi optimal dan terhindar dari berbagai masalah di kemudian hari.

Ingin properti Anda dibangun dengan sistem dan perencanaan yang tepat dan berkualitas?

Segera konsultasikan ke Mata Air yang profesional dan sudah berpengalaman!

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas dan bangunan komersil yang mewah secara profesional.

Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian impian Anda maupun tempat usaha dan bisnis milik Anda yang mewah, elegan, dan berkualitas tinggi, tentunya tanpa mengesampingkan style arsitektur dan interior yang Anda sukai.

Lihat layanan lengkap dari Mata Air disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: tti.co.id, freepik.com, en.lesso.com, homelava.com, pinterest.com, preferredplumbing.ca

^