5 Keunggulan AC Ducting, Cocok Untuk Rumah Mewah!

Reading Time: 4 minutes

5 Keunggulan AC Ducting, Cocok Untuk Rumah Mewah!

5 Agustus 2022 | Reading Time: 4 minutes

mata air AC Ducting
Sumber: earthlingorgeous.com

AC ducting atau juga dikenal sebagai sistem AC sentral merupakan jenis instalasi AC di suatu bangunan yang pengatur suhunya dikontrol di satu titik, kemudian hawa dinginnya didistribusikan ke ruangan-ruangan lainnya melalui pipa.

Sistem AC Ducting memiliki banyak keunggulan dan cocok diterapkan pada berbagai fungsi bangunan, termasuk rumah mewah.

Mari simak lebih lanjut tentang 5 keunggulan AC Ducting sehingga cocok untuk rumah mewah!

1. Terlihat Lebih Rapi dan Estetis

mata air AC Ducting
Sumber: houzz.com

AC ducting menggunakan sistem instalasi yang tertutup, sehingga meminimalisir terlihatnya kabel-kabel atau pipa yang tidak rapi.

Dengan demikian maka AC Ducting akan tampil selaras, estetis, serta berpadu harmonis dengan desain interior rumah mewah Anda.

Pemipaan pada AC Ducting juga bisa ditampilkan dengan beberapa pilihan gaya, misalnya diletakkan di balik plafon, atau justru diekspos.

Jika pemipaannya diekspos ternyata bisa memberikan tampilan yang unik dan menarik lho, dan cocok untuk langgam dan gaya tertentu, misalnya gaya industrialis.

2. Hawa Dingin Didistribusikan Secara Lebih Merata

mata air AC Ducting
Sumber: gharpedia.com

Sistem AC Ducting memungkinkan hawa dingin didistribusikan secara menyeluruh dan merata ke semua ruangan-ruangan yang terhubung, melalui satu pusat atau satu titik AC saja.

Hawa dingin ini tidak hanya didistribusikan secara merata saja, namun juga bisa dikontrol dan disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing ruangan.

3. Instalasi Indoor AC Tidak Berada Di Dalam Setiap Ruangan

mata air AC Ducting
Sumber: home-designing.com

Instalasi indoor AC pada sistem AC ducting tidak berada di dalam setiap ruangan, melainkan hanya di satu titik saja yang disebut AHU atau Indoor AC Sentral, sedangkan udara dinginnya hanya perlu didistribusikan ke ruangan-ruangan lainnya sesuai kebutuhan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pemasangan AC jenis ini.

Seperti perencanaan instalasinya yang berbeda dari AC biasa.

Lalu pengoperasian yang harus dilakukan dengan hati-hati, karena sistem AC ini menggunakan satu AC saja sebagai pusat pengatur suhu udara.

Kemudian perawatan atau maintenance yang harus dilakukan secara berkala untuk mengantisipasi kerusakan.

Dan pengaturan temperatur yang disesuaikan dengan kebutuhan agar semua ruangan bisa mendapatkan suhu yang diinginkan.

4. Lebih Nyaman dan Efisien

mata air AC Ducting
Sumber: atap.co

Menggunakan sistem AC ducting juga lebih nyaman dan lebih efisien.

Lebih nyaman, karena selama AC bekerja tidak ada suara bising yang keluar dari alat, sehingga lebih senyap dan hening, dan akan terasa nyaman bagi penghuni.

Selain itu, karena sistem AC ducting hanya memiliki satu pusat dan satu indoor AC, maka secara keseluruhan juga bisa mengefisienkan penggunaan ruangan di rumah tinggal Anda.

5. Memiliki Beragam Tipe Yang Bisa Disesuaikan Dengan Kebutuhan

mata air AC Ducting
Sumber: kontraktorhvac.com

Sistem AC ducting juga memiliki beragam tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya ada tipe Ducting Fresh Air, yaitu udara dingin yang didapatkan adalah 100% fresh air, tidak ada kontaminasi dari debu dan organisme tertentu, sehingga udaranya bersih dan steril, cocok bagi Anda yang memiliki alergi debu atau yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Ada juga tipe Ducting Exhaust yang cocok digunakan untuk dapur, area parkir, area toilet, dan ruangan-ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang kurang baik, karena tipe ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyingkirkan udara panas.

Dan tentunya ada tipe Split Duct yang paling banyak digunakan karena bisa mendistribusikan udara dingin secara merata ke seluruh ruangan yang dikehendaki tanpa ada suara bising.

Rumah Mewah Terasa Lebih Nyaman dan Tampil Estetis Dengan Sistem AC Ducting

mata air AC Ducting
Sumber: selka.id

Dari artikel di atas, kita jadi mengetahui bahwa ternyata sistem AC ducting memiliki banyak keunggulan ya dan cocok diaplikasikan pada rumah mewah!

Rumah mewah pun akan terasa lebih nyaman, efisien, dan tampil estetis dengan sistem AC Ducting ini.

Tentunya sebelum memilih sistem AC yang sesuai, ada baiknya mengetahui keinginan dan kebutuhan kita akan pendingin udara, lalu tidak lupa untuk berkonsultasi dengan ahlinya!

Jika ingin properti mewah Anda dibangun dengan struktur dan konstruksi yang tepat dan berkualitas tinggi, serta dengan sistem yang canggih dan smart, jangan ragu untuk segera konsultasi ke Mata Air!

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas dan bangunan komersil yang mewah secara profesional.

Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian impian Anda maupun tempat usaha dan bisnis milik Anda yang mewah, elegan, dan berkualitas tinggi, tentunya tanpa mengesampingkan style arsitektur dan interior yang Anda sukai.

Lihat layanan lengkap dari Mata Air disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: earthlingorgeous.com, houzz.com, gharpedia.com, home-designing.com, atap.co, kontraktorhvac.com, selka.id