Mengenal Tipe-tipe dan Fungsi Pondasi Dalam

Mengenal Tipe-tipe dan Fungsi Pondasi Dalam

29 Juli 2022 | Reading Time: 3 minutes

mata air Pondasi dalam
Sumber: greenbiz.com

Pondasi dalam adalah struktur bawah yang berfungsi meneruskan beban konstruksi ke lapisan tanah keras yang berada jauh di bawah permukaan tanah.

Jika letak kedalaman pondasi jika diukur dari muka tanah adalah lebih dari 10x lebar pondasi (DfB > 10), maka pondasi tersebut bisa dikatakan sebagai pondasi dalam.

Pondasi dalam digunakan jika dasar tanah sebaga tempat perletakan pondasi tidak memiliki daya dukung yang memadai terhadap beban di atasnya, misalnya pada kasus beban bangunan yang besar, atau kondisi dasar tanah yang letaknya sangat dalam.

Mari simak artikel berikut untuk lebih mengenal tipe-tipe dan fungsi pondasi dalam!

1. Pondasi Tiang Pancang

mata air Pondasi dalam
Sumber: primakonstruksi.com

Pondasi tiang pancang umumnya digunakan pada infrastruktur dan bangunan yang tanahnya tidak memiliki daya dukung yang cukup untuk memikul berat dan beban bangunan.

Fungsi pondasi tiang pancang adalah untuk memindahkan beban konstruksi di atasnya ke lapisan tanah keras yang letaknya sangat dalam, yaitu lebih dari 8 meter di bawah permukaan tanah.i.

Umumnya pondasi tiang pancang menggunakan material beton pra-cetak, yang kemudian dipancangkan dengan menggunakan beberapa pilihan metode, misalnya dengan cara penumbukan (hammering), penggetaran dengan alat penggetar, dan penanaman.

2. Pondasi Bored Pile

mata air Pondasi dalam
Sumber: geoengineer.org

Pondasi bored pile adalah jenis pondasi dalam yang memiliki bentuk seperti tabung panjang yang ditancapkan ke dalam tanah.

Cara pembuatan pondasi ini adalah dengan cara pondasi ditempatkan di kedalaman tertentu sesuai yang disyaratkan, kemudian dilakukan pemasangan bekisting dari plat besi, lalu dimasukkan rangka besi pondasi yang telah dirakit sebelumnya, dan terakhir dilakukan pengecoran di area lubang yang sudah dibuat.

Pondasi bored pile berfungsi untuk menjaga kestabilan bangunan bertingkat maupun bangunan yang terletak di lahan yang tidak rata atau berkontur, misalnya pada lereng, lembah, dan lain sebagainya.

3. Pondasi Sumuran

mata air Pondasi dalam
Sumber: alitmix.com

Pondasi sumuran adalah suatu bentuk peralihan antara pondasi dangkal dan pondasi tiang, dan digunakan apabila tanah dasar terletak pada kedalaman yang relatif dalam.

Pondasi sumuran adalah jenis pondasi dalam yang dicor di tempat dengan menggunakan komponen beton dan batu belah sebagai pengisinya.

Pondasi ini merupakan pondasi dalam yang cukup sering diaplikasikan pada pekerjaan konstruksi di Indonesia, karena cocok digunakan pada tempat yang lokasi struktur tanah kerasnya berada di kedalaman lebih dari 3 meter di bawah permukaan tanah.

Kenali Jenis Tanah dan Beban Bangunan Untuk Menentukan Tipe Pondasi yang Sesuai

mata air Pondasi dalam
Sumber: sunlyengineering.com

Ternyata pondasi dalam terdiri dari beberapa tipe yang memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing ya.

Setelah membaca ulasan di atas, jadi makin paham ya alasan mengapa ada bangunan yang memang perlu menggunakan pondasi dalam.

Tentunya sebelum melakukan sebuah pekerjaan konstruksi, terlebih dahulu kontraktor harus mengenali kondisi lahan, jenis tanah, dan beban bangunan secara tepat dan detail untuk menentukan tipe pondasi yang sesuai.

Jika ingin properti mewah Anda dibangun dengan struktur dan konstruksi yang tepat dan berkualitas tinggi, jangan ragu untuk segera konsultasi ke Mata Air!

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas dan bangunan komersil yang mewah secara profesional.

Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian impian Anda maupun tempat usaha dan bisnis milik Anda yang mewah, elegan, dan berkualitas tinggi, tentunya tanpa mengesampingkan style arsitektur dan interior yang Anda sukai.

Lihat layanan lengkap dari Mata Air disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: greenbiz.com, primakonstruksi.com, geoengineer.org, alitmix.com, sunlyengineering.com

^