Mengenal Uji Sondir dan Kegunaannya Dalam Pembangunan Rumah

Mengenal Uji Sondir dan Kegunaannya Dalam Pembangunan Rumah

1 Juli 2022 | Reading Time: 3 minutes

mata air Uji sondir
Sumber: numac.com

Dalam sebuah proyek konstruksi terdapat tahapan uji sondir yang juga dikenal dengan istilah Cone Penetration Test (CPT).

Uji sondir merupakan uji lapangan yang bertujuan untuk mengestimasi kedalaman lapisan keras pada tanah, pengujian ini biasanya dilakukan pada lapisan tanah yang bersifat lempung.

Uji sondir merupakan salah satu tahapan dalam proyek konstruksi yang hendaknya dilakukan karena memiliki banyak kegunaan.

Kali ini, Mata Air akan mengulas mengenai kegunaan uji sondir dalam pembangunan rumah.

Apa saja? Mari simak ulasannya berikut ini!

1. Memenuhi Persyaratan Teknis Bangunan 3 Lantai Atau Lebih

mata air Uji sondir
Sumber: pjaruwat.com

Dalam proses perijinan bangunan untuk mendapatkan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) pada bangunan yang memiliki ketinggian 3 lantai atau lebih, uji sondir merupakan salah satu tahap yang perlu dilakukan untuk pemenuhan syarat teknis bangunan.

Untuk itu jika Anda hendak membangun rumah mewah 3 lantai atau lebih, dengan melakukan uji sondir maka sudah memenuhi salah satu persyaratan teknis bangunan.

2. Mengetahui Daya Dukung Tanah

mata air Uji sondir
Sumber: serc.carleton.edu

Uji sondir merupakan salah satu pengujian penetrasi pada tanah yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan, serta untuk mengetahui kedalaman lapisan pendukung yaitu lapisan tanah keras.

3. Memilih Desain Pondasi Yang Sesuai

mata air Uji sondir
Sumber: tconcreteconstructionomaha.com

Jika letak lapisan tanah keras sudah bisa diestimasi atau diketahui, maka akan lebih mudah memilih desain pondasi yang aman, efektif, dan sesuai dengan karakteristik tanah dari lahan tempat bangunan akan dibangun.

Dengan demikian, diharapkan pondasi yang dipilih pun akan memiliki faktor keamanan (safety factor) yang tinggi sehingga bangunan yang ditopang akan kuat, kokoh, dan tidak mengalami penurunan (settlement) yang membahayakan.

4. Mencegah Kegagalan Struktur Pada Bangunan

mata air Uji sondir
Sumber: nara.getarchive.net

Banyak terjadi kegagalan struktur pada bangunan, seperti bangunan roboh atau runtuh akibat tidak diperhatikannya atau bahkan tidak dilakukannya tahap uji sondir ini.

Maka untuk mencegah terjadinya kegagalan struktur pada bangunan, hendaknya melakukan uji sondir, sehingga bisa diketahui desain struktur yang aman dan sesuai dengan karakteristik tanah.

Tahap Uji Sondir Penting Dilakukan Untuk Mewujudkan Bangunan Kokoh

mata air Uji sondir
Sumber: istockphoto.com

Dari penjelasan di atas, kita jadi lebih mengenal tentang apa itu uji sondir dan apa saja kegunaannya pada sebuah proyek konstruksi bangunan yang memiliki ketinggian 3 lantai atau lebih.

Kita juga lebih memahami bahwa tahap uji sondir penting dilakukan untuk mewujudkan bangunan yang kokoh dan kuat.

Ingin properti Anda dibangun dengan prosedur dan tahap-tahap yang benar dan lengkap, sehingga menghasilkan bangunan yang kokoh dan berkualitas?

Segera konsultasikan kepada Mata Air!

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan Anda!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas dan bangunan komersil yang mewah secara profesional.

Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian impian Anda maupun tempat usaha dan bisnis milik Anda yang mewah, elegan, dan berkualitas tinggi, tentunya tanpa mengesampingkan style arsitektur dan interior yang Anda sukai.

Lihat layanan lengkap dari Mata Air disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: numac.com, pjaruwat.com, serc.carleton.edu,  tconcreteconstructionomaha.com, nara.getarchive.net, istockphoto.com

^