Konsep Hunian Terkini oleh Mata Air: Paduan Art Deco dan Biophilic, Mewah dan Sustainable!

Konsep Hunian Terkini oleh Mata Air:
Paduan Art Deco dan Biophilic, Mewah dan Sustainable!

14 April 2022 | Reading Time: 6 minutes

mata air Art Deco, Biophilic

Sudah dua tahun pandemi Covid-19 berlangsung, banyak dampak yang dirasakan oleh masyarakat. Pembatasan oleh pemerintah menyebabkan masyarakat harus beralih untuk lebih banyak beraktivitas di dalam rumah.

Bagi sebagian orang, berada di dalam rumah secara terus menerus bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman, bahkan pada beberapa kasus bisa menimbulkan permasalahan kesehatan mental.

Dengan demikian, penting untuk lebih berupaya mendesain ruang-ruang yang lebih baik, lebih nyaman, dan lebih sehat di dalam rumah.

Tentu dibutuhkan strategi desain yang matang untuk menghasilkan desain rumah yang lebih sehat dan lebih nyaman, juga yang berfungsi optimal di masa pandemi ini hingga kelak saat pandemi telah usai.

Desain yang matang berangkat dari observasi dan penelitian terhadap suatu kondisi dan permasalahan. 

Maka, belajar dari beberapa penelitian (sciencedirect.com, The Depression Project, CNBC) tentang kebutuhan kesehatan manusia, terbukti bahwa interaksi positif antara manusia dengan alam dapat menurunkan tingkat stress seseorang.

Tujuan Pemikiran

mata air Art Deco, Biophilic

Mata Air memvisualkan konsep hunian mewah yang dapat mengakomodir berbagai aktivitas sehari-hari di rumah yang sustainable.

Pemikiran ini menjadi sebuah standar baru untuk desain hunian mewah agar penghuni rumah bisa senantiasa  merasa nyaman, rileks, dan bebas beraktivitas di rumah. Freedom is the ultimate luxury!

Konsep Desain

mata air Art Deco, Biophilic

Mata Air mendesain konsep rumah mewah terkini yang sustainable, yaitu memadukan gaya Art Deco yang mewah dan elegan dengan konsep Biophilic yang membawa elemen-elemen alam ke dalam hunian.

Dengan menerapkan konsep hunian yang nyaman dan sehat, akan mendorong penghuni rumah untuk tetap bebas beraktivitas secara produktif namun tetap merasa nyaman dan rileks.

Penerapan konsep Biophilic pada prototype desain hunian ini berupa:

  • Inner courtyard, yaitu ruang terbuka hijau yang terletak di tengah yang merupakan pusat atau jantung hunian.
  • Outdoor garden yang diletakkan di area depan dan belakang hunian.

mata air Art Deco, Biophilic

Dengan meletakkan inner courtyard pada jantung hunian, membuat semua ruangan yang berbatasan dengan inner courtyard ini mendapatkan manfaat optimal dari adanya ruang terbuka hijau di dalam rumah.

Setiap ruangan yang berbatasan dengan inner courtyard tidak hanya turut mendapat limpahan cahaya matahari alami dan sirkulasi udara yang baik (berupa cross ventilation), namun juga pemandangan yang menyegarkan ke arah area hijau tersebut.

Penghuni rumah yang sedang menjalankan aktivitasnya di ruangan apapun itu, bisa merasakan nuansa alam yang menenangkan dengan hadirnya elemen-elemen alam dari inner courtyard.

mata air Art Deco, Biophilic

Dengan menerapkan konsep ini, diharapkan penghuni rumah bisa selalu terpapar material alami yang hijau selama beraktivitas di rumah, sehingga berdampak positif terhadap fisik dan psikologisnya.

Berikut pengembangan konsep beserta penjelasannya.

1. Pengembangan Bentuk Massa dan Tata Ruang

mata air Art Deco, Biophilic

Prototype hunian ini berada di atas lahan berukuran 16 x 27 m atau memiliki luas 450 m2.

Namun, bentuk massa dan konfigurasi ruang dari prototype hunian ini tentu saja bisa diaplikasikan pada ukuran lahan berapapun, asalkan pengembangan bentuk massa dan tata ruang dari hunian yang mengadopsi konsep ini memiliki poin-poin sebagai berikut:

Bersentuhan Langsung Dengan Alam

Outdoor garden yang didesain secara optimal terletak di area depan dan belakang hunian, merupakan salah satu keunggulan dari konsep hunian ini.

Konektivitas antara hunian dengan elemen alam dapat dirasakan penghuni rumah melalui pengalaman ruang sejak pertama masuk ke dalam rumah.

Sebelum mencapai pintu masuk utama, penghuni akan berjalan melewati tangga dengan pemandangan indah ke arah Outdoor Garden yang terletak di depan hunian.

Posisi area entrance utama yang lebih tinggi memberikan kesan megah. Dan sebelum masuk ke rumah, terdapat juga ruang transisi berupa teras depan untuk menerima tamu.

mata air Art Deco, Biophilic

Adapun saat masuk ke dalam rumah, penghuni akan disuguhi pemandangan hijau yang indah dari arah inner courtyard.

Integrasi dan Sirkulasi Ruang

Pada desain prototype hunian ini memiliki dua lantai utama yang mengakomodir beragam aktivitas penghuni dan satu lantai semi-basement yang difungsikan sebagai area servis.

Namun konsep ini tetap bisa diaplikasikan terlepas dari jumlah lantainya, selama bentuk massa dan konfigurasi ruangnya sama yaitu inner courtyard yang terletak di pusat atau jantung hunian, dan adanya outdoor garden di area depan dan belakang hunian.

mata air Art Deco, Biophilic

Sistem Passive Cooling dan Cross Ventilation

Adanya void berupa inner courtyard serta adanya skylight pada area tangga, membuat limpahan cahaya alami matahari dapat masuk ke dalam hunian. Cahaya alami matahari ini tidak hanya bermanfaat bagi penghuni, namun juga bagi tanaman yang diletakkan pada area inner-courtyard agar tetap tumbuh rindang.

Selain itu inner-courtyard yang diletakkan di pusat ruangan membuat area hijau ini bisa diakses secara mudah dari ruangan-ruangan yang ada di sekelilingnya.

Sistem passive cooling dan cross ventilation yang sehat pada hunian ini dihasilkan dari perpaduan yang harmonis antara tata ruang yang baik dan desain fasad yang mampu mengakomodir bukaan-bukaan yang dibutuhkan untuk sirkulasi udara yang baik.

2. Fasad Bangunan yang Mewah dan Eco-friendly

mata air Art Deco, Biophilic

Fasad bergaya Art Deco yang mewah dan megah merupakan salah satu karakter desain khas Mata Air.

Namun tidak hanya mewah dan megah, fasad didesain memiliki banyak bukaan berupa jendela-jendela lebar yang memungkinkan terjadinya cross ventilation sehingga sirkulasi udara di dalam rumah menjadi sehat dan kualitas hidup penghuni pun meningkat.

3. Tambahan Fitur Rumah

mata air Art Deco, Biophilic

Desain hunian hendaknya mampu mengakomodir berbagai aktivitas penghuninya. Karena itu setiap hunian tentunya memiliki ruangan dan fitur khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan penghuninya.

Begitu pula dengan konsep hunian ini, beberapa fitur berikut makin membuat penghuni bebas melakukan aktivitasnya dan bebas berekspresi saat berada di dalam rumah.

mata air Art Deco, Biophilic

Floating Sunroom

Merupakan area bersantai semi-outdoor dengan dinding transparan dari kaca sehingga cahaya matahari bisa masuk secara leluasa ke dalam ruangan. Penghuni bebas berkumpul bersama keluarga dan bersantai dibawah langit semi-terbuka dengan pemandangan ke arah taman belakang dan kolam renang.

mata air Art Deco, Biophilic

Home Office

Pandemic mengajarkan kita bahwa bekerja secara hybrid, baik dari kantor maupun dari rumah, ternyata memungkinkan untuk dilakukan.

Maka tentu saja idealnya setiap hunian memiliki ruang kerja privat di dalamnya. Ruang kerja privat yang dilengkapi dengan balkon untuk menikmati pemandangan ke arah luar, bisa dimanfaatkan sebagai tempat istirahat dan refreshing sejenak saat penat bekerja.

Home Theater

Movie room atau Home Theater didesain sebagai ruang hiburan untuk menghilangkan kejenuhan selama di rumah dan diharapkan mampu meningkatkan quality time antar anggota keluarga dengan cara menonton film favorit bersama-sama.

Home Gym

Memiliki ruang gym di rumah membuat penghuni bebas berolahraga saat berada di rumah agar kebugaran dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Gym yang didesain dengan pemandangan ke arah taman belakang dan kolam renang bisa membuat kegiatan berolahraga menjadi semakin menyenangkan.

Memadukan Gaya Art Deco dengan Konsep Biophilic Menghasilkan Desain Hunian Mewah yang Sehat

mata air Art Deco, Biophilic

Konsep desain Art Deco x Biophilic menjawab tantangan untuk menghasilkan hunian yang mewah, nyaman, dan juga sehat yang relevan untuk saat ini hingga masa post-pandemic nanti.

Mengoptimalkan penggunaan area hijau dan memasukkan elemen alam ke dalam hunian dapat memberikan perasaan nyaman dan rileks, sehingga penghuni tetap sehat secara psikis dan fisik serta mampu bebas beraktivitas di dalam rumah.

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas yang mewah secara profesional.

Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian impian Anda yang mewah dan elegan.

Tertarik untuk mencoba konsep terbaru ini? Jangan segan untuk berkonsultasi dengan kami.

Klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air atau lihat menu pelayanan Mata Air disini.

Gambar diambil dari: dokumen Mata Air

^