Bosco Verticale, Apartemen Hijau Yang Memukau di Milan

Bosco Verticale, Apartemen Hijau Yang Memukau di Milan

26 November 2021 | Reading Time: 4 minutes

bosco vertical mata air
Sumber: stefanoboeriarchitetti.net

Di tengah padat dan sibuknya kota Milan, terdapat sebuah bangunan tinggi yang diberi nama Bosco Verticale, yaitu sebuah kompleks apartemen yang didesain oleh salah satu konsultan arsitektur dari Italia, Boeri Studio.

Nama Bosco Verticale sendiri memiliki arti “Hutan Vertikal”, hal ini sejalan dengan konsep desainnya yang mengintegrasikan bangunan apartemen dengan ribuan jenis spesies tanaman.

bosco verticale mata air
Sumber: archdaily.com

Bosco Verticale terdiri dari 2 tower yang masing-masing setinggi 80 meter dan 112 meter, memiliki total 113 unit apartemen, dengan desain balkon yang menonjol di setiap unitnya.

Permainan geometris dari balkon-balkon tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari desain arsitektur bangunan apartemen ini.

Namun tidak hanya desain arsitekturnya saja yang menarik, ada beberapa hal memukau lainnya yang bisa kita pelajari bersama dari Bosco Verticale. Mari kita simak!

1. Rumah Bagi Beragam Jenis Flora

bosco verticale mata air
Sumber: stefanoboeriarchitetti.net

Bosco Verticale menampung beragam jenis tanaman dengan jumlah yang banyak, yaitu terdapat 480 pohon berukuran besar dan sedang,  300 pohon berukuran kecil, 11.000 tanaman tahunan dan tanaman penutup tanah, serta 5000 semak belukar.

Ini merupakan salah satu cara sang Arsitek untuk menjaga ruang hijau di tengah kepadatan kota.

Hutan Vertikal Milan ini bisa contoh dan prototype yang mungkin diaplikasikan pada bangunan tinggi di kota-kota besar lainnya, sebagai salah satu cara menjaga kelestarian alam di dalam konteks urban.

2. Pengkondisian Iklim Mikro Yang Baik

bosco verticale mata air
Sumber: archdaily.com

Dengan adanya beragam jenis pohon dan tanaman yang tersebar di balkon-balkon apartemen, maka pohon-pohon dan tanaman tersebut menjadi sebuah “tirai vegetasi” berukuran besar.

Hutan Vertikal Milan dengan tirai vegetasinya mampu menghalangi cahaya dan panas matahari berlebih, memfilter partikel debu dan polusi udara, menghalau angin kencang, menyerap CO2, memproduksi oksigen, serta menjadi sistem akustik alami terhadap kebisingan kota, sehingga iklim mikro di dalam kompleks bangunan terkondisikan dengan baik.

3. Self-Sufficient Building

bosco verticale mata air
Sumber: archdaily.com

Selain bisa menghemat penggunaan energi karena tirai vegetasinya, Bosco Verticale juga menerapkan beberapa teknologi yang dapat membantu bangunan ini menjadi self-sufficient, yaitu dengan memasang panel surya di area atap (rooftop) sehingga berkontribusi pada efisiensi energi di bangunan apartemen.

Selain itu, sebagian limbah air juga disaring dan diolah dengan teknologi water reuse, agar air yang telah diolah tersebut bisa dimanfaatkan kembali untuk mengairi tumbuhan yang ada di bangunan ini.

4. Lingkungan Yang Sehat Dan Nyaman Bagi Penghuni

bosco verticale mata air
Sumber: stefanoboeriarchitetti.net

Beberapa keunggulan dari bangunan Bosco Verticale juga didukung oleh pernyataan para penghuni yang sudah menghuni apartemen ini sejak awal diresmikannya.

Para penghuni merasa nyaman dengan iklim mikro yang terkondisikan dengan baik pada kompleks apartemen ini, sehingga mereka tidak banyak memakai penghangat ruangan di musim dingin maupun pendingin ruangan di musim panas.

Memiliki pepohonan dan tanaman hijau di balkon apartemen juga memberikan kontribusi pada kenyamanan hidup sehari-hari.

5. Kontribusi Positif Pada Kota

bosco verticale mata air
Sumber: archdaily.com

Bosco Verticale juga memberikan kontribusi positif pada wajah perkotaan, selain karena desainnya yang memukau dan mampu menjadi landmark kota Milan, keberagaman tumbuhan yang membentuk tirai vegetasi pada fasad bangunan akan berubah warna dari waktu ke waktu sesuai dengan musimnya.

Selain itu, Bosco Verticale juga memberikan sumbangsih positif terhadap ruang hijau dan keberagaman hayati di kota Milan.

Dua tower apartemen yang setara dengan 50.000 m2 jika dikonversi menjadi landed house juga merupakan salah satu bentuk kontribusi pada efisiensi penggunaan lahan perkotaan.

Hutan Vertikal Mampu Memperkuat Ekosistem Perkotaan

bosco verticale mata air
Sumber: stefanoboeriarchitetti.net

Menjaga keseimbangan dan kelestarian alam di kota besar ternyata juga bisa dicapai dengan konsep arsitektur hijau yang diaplikasikan pada bangunan-bangunan di perkotaan.

Perpaduan pendekatan teknologi dan pendekatan alami untuk menghasilkan Bangunan Hijau seperti yang dilakukan pada Bosco Verticale Milan, yaitu mengintegrasikan hutan vertikal dengan bangunan tentunya lebih ramah lingkungan.

Dengan ini kita jadi menyadari bahwa di kota besar sekalipun, manusia dan tumbuhan ternyata bisa hidup berdampingan dengan baik. Sudah saatnya kota-kota besar lainnya mengikuti jejak Milan dengan Hutan Vertikalnya.

Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun bangunan kelas atas secara profesional. Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan bangunan berkonsep sustainable dan green, baik gedung komersial maupun hunian.

Jangan segan untuk berkonsultasi dengan tim dari Mata Air untuk mewujudkan bangunan ideal yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai layanan lengkap dari Mata Air, silakan pelajari menu kami disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar dan beberapa informasi diambil dari: archdaily.com, designboom.com, stefanoboeriarchitetti.net, liputan6.com, properti.kompas.com

^