Fitur Rumah Pensiun yang Dukung Perubahan Hidup Lansia

Fitur Rumah Pensiun yang Dukung Perubahan Hidup Lansia

19 November 2021 | Reading Time: 4 minutes

desain rumah pensiun mata air
Sumber: dailymail.co.uk

Saat memasuki usia lansia, tentunya kondisi fisik kita sudah tidak sama jika dibandingkan dengan saat masih berada di usia produktif.

Maka saat merencanakan rumah untuk masa pensiun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar kelak rumah pensiun bisa berfungsi dengan baik dalam jangka panjang, dan agar penghuni bisa merasa nyaman dan aman selama beraktivitas di dalamnya.

Berikut ini adalah 6 fitur yang perlu diaplikasikan agar rumah pensiun Anda nyaman dan aman.

1. Konsep Open Plan

desain rumah pensiun mata air
Sumber: elledecor.com

Dengan konsep open plan (denah terbuka), ruangan akan terlihat lebih lapang dan memungkinkan sesama anggota keluarga yang ada di dalam rumah untuk saling melihat dan berinteraksi saat melakukan aktivitas.

Rencanakan pula ruangan-ruangan utama yang esensial seperti kamar tidur utama, kamar mandi utama, living room, dining room, dan dapur agar berada pada lantai dasar, untuk kemudahan akses penghuni rumah.

Hindari meletakkan terlalu banyak furnitur atau barang-barang yang bisa mengganggu mobilitas penghuni rumah.

2. Pencahayaan Alami dan Ventilasi Udara yang Baik

desain rumah pensiun mata air
Sumber: hgtv.com

Pencahayaan alami dan ventilasi udara alami adalah syarat rumah yang sehat, maka penting untuk mengaplikasikan dua hal ini pada rumah pensiun Anda.

Dengan pencahayaan alami dan pengkondisian udara yang baik, maka penghuni rumah akan dengan mudah mendapatkan cahaya matahari dan udara segar saat beraktivitas di dalam rumah.

Rumah pun akan terhindar dari pengap, lembab, dan gelap, sehingga tentu saja akan lebih menyehatkan bagi penghuninya.

3. Pemilihan Material Lantai Yang Tepat

desain rumah pensiun mata air
Sumber: hgtv.com

Hindari penggunaan material lantai yang berpotensi membuat penghuni terpeleset maupun tersandung.

Material lantai yang anti-slip dan agak bertekstur, seperti parket kayu, atau granit dan homogenous tile dengan sedikit tekstur, ditambah dengan aplikasi karpet di beberapa tempat, cocok diaplikasikan pada rumah pensiun karena tidak licin serta memberikan nuansa hangat pada rumah.

4. Lift Untuk Rumah Dua Lantai Atau Lebih

desain rumah pensiun mata air
Sumber: archdaily.com, wincrest.com.au

Jika rumah memiliki lebih dari satu lantai, maka pertimbangkan untuk memiliki lift atau elevator, agar mobilitas secara vertikal menjadi lebih mudah dan aman bagi penghuni rumah, tanpa perlu naik-turun tangga.

Kini juga sudah tersedia berbagai pilihan jenis lift khusus untuk rumah tinggal dengan desain cantik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

5. Ramp Sebagai Alternatif Pengganti Tangga dan Undakan

desain rumah pensiun mata air
Sumber: homediarymagazine.com, archdaily.com

Tanpa disadari hampir setiap rumah memiliki tangga dan undakan. Hal ini kelak bisa menjadi kendala saat Anda sudah memasuki usia pensiun.

Maka penting untuk mengantisipasi ini dengan membuat alternatif yang lebih accessible dan aman untuk bergerak, yaitu ramp atau tangga landai.

Ramp untuk mobilitas manusia tentu harus lebih landai jika dibandingkan dengan ramp yang diperuntukkan bagi kendaraan. Ramp untuk mobilitas manusia ini setidaknya harus memiliki rasio kemiringan 1:12.

Desain ramp sebagai pengganti tangga utama juga bisa menjadi point of interest dari desain keseluruhan rumah.

6. Penempatan Hand-Railing di Beberapa Area

desain rumah pensiun mata air
Sumber: victoriaplum.com

Penting untuk mendesain beberapa hand-railing atau pegangan di beberapa area yang rawan, seperti pada area kamar mandi.

Desain kamar mandi pada rumah pensiun hendaknya direncanakan dengan detail. Mulai dari pemilihan material lantai anti-licin, pencahayaan alami dan pengkondisian udara yang baik agar tidak mudah pengap dan lembab, luasan kamar mandi yang cukup lapang sehingga memudahkan pergerakan, dan hand-railing di beberapa tempat seperti di dekat kloset, di sekitar shower maupun bathup.

Desain Cermat Untuk Rumah Pensiun Impian

desain rumah pensiun mata air
Sumber: elledecor.com

Dalam mendesain rumah pensiun impian, penting untuk merencanakan segala sesuatunya secara cermat.

Anda tidak hanya harus mempertimbangkan kebutuhan masa kini saja, namun juga harus mempertimbangkan berbagai kebutuhan yang akan muncul di masa mendatang.

Mengaplikasikan 6 fitur desain di atas pada rumah pensiun Anda dapat dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kebutuhan yang mungkin akan muncul di masa mendatang tersebut, sehingga kelak rumah bisa berfungsi dengan baik dalam mengakomodir berbagai aktivitas Anda selama masa pensiun.

Anda juga bisa membaca di sini* untuk melihat inspirasi desain rumah pensiun berkonsep dekat dengan alam.

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas secara profesional. Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian ideal versi Anda.

Jangan segan untuk berkonsultasi dengan tim dari Mata Air untuk mewujudkan hunian ideal yang mewah dan elegan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai layanan lengkap dari Mata Air, silakan pelajari menu kami disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar dan beberapa informasi diambil dari: dailymail.co.uk, elledecor.com, hgtv.com, archdaily.com, wincrest.com.au, homediarymagazine.com, victoriaplum.com

^