Inspirasi Rumah Pensiun Berkonsep Dekat Dengan Alam

Inspirasi Rumah Pensiun Berkonsep Dekat Dengan Alam

18 November 2021 | Reading Time: 3 minutes

rumah pensiun mata air
Sumber: archdaily.com

Masa pensiun hendaknya dinikmati di lingkungan yang tenang dan asri, dengan desain rumah yang mampu mendukung kegiatan di masa pensiun Anda.

Konsep desain rumah yang dekat dengan alam, dilengkapi dengan pemandangan yang indah dan taman yang memiliki banyak penghijauan, cocok diaplikasikan pada rumah pensiun.

Mari simak beberapa inspirasi rumah pensiun berkonsep dekat dengan alam berikut ini.

1. Lokasi yang Tenang dan Asri

rumah pensiun mata air
Sumber: archdaily.com

Bagi Anda yang selama ini terbiasa dengan hiruk pikuk perkotaan karena kesibukkan karir dan pekerjaan, tidak ada salahnya memilih lokasi yang lebih tenang di area sub-urban untuk rumah pensiun Anda kelak.

Pemilihan lokasi yang tenang, asri, memiliki banyak penghijauan, dan tidak lupa pemandangan yang indah, bisa membantu Anda untuk lebih mindful dan menikmati waktu berkualitas bersama keluarga.

Lokasi yang tenang juga memungkinkan Anda untuk bisa beristirahat lebih baik serta memulihkan kondisi jiwa dan fisik di masa pensiun Anda.

2. Banyak Bukaan Ke Arah Luar

rumah pensiun mata air
Sumber: archdaily.com

Pemandangan indah dan hijau yang ada di luar, semakin bisa dinikmati dari dalam rumah jika desain rumah dilengkapi dengan banyak bukaan.

Bukaan pada rumah bisa berupa jendela-jendela berukuran besar, pintu lipat atau pintu geser, dan skylight.

Selain bisa menikmati pemandangan lanskap yang indah dari dalam rumah, banyak bukaan juga baik untuk pencahayaan alami dan ventilasi alami di dalam rumah.

3. Nuansa Indoor-Outdoor

rumah pensiun mata air
Sumber: the-sun.com

Banyaknya bukaan ke arah luar yang dilengkapi dengan desain teras atau patio berukuran besar, akan memperkuat nuansa indoor-outdoor pada rumah.

Desain teras dan patio ini hendaknya berbatasan langsung dengan area luar seperti taman atau kolam renang, sehingga area dalam dan luar ruangan seolah-olah menjadi satu kesatuan.

Desain arsitektur yang memadukan area indoor-outdoor ini bisa membuat penghuni rumah semakin merasa dekat dengan alam.

4. Taman yang Bisa Diakses dari Banyak Ruangan

rumah pensiun mata air
Sumber: archdaily.com

Desain taman dan lanskap menjadi hal yang penting saat menerapkan konsep arsitektur yang dekat dengan alam.

Taman yang lapang, dilengkapi dengan tata lanskap yang indah dan rimbun, mampu membangun suasana asri dan hijau, sehingga rumah akan terasa semakin homey dan nyaman.

Desain ruang-ruang utama juga hendaknya bisa mengakses area taman ini secara langsung, sehingga penghuni bisa menikmati pemandangan taman dan lanskap saat berada di bagian rumah yang manapun.

Masa Pensiun Lebih Tenang dengan Desain Rumah yang Tepat

rumah pensiun mata air
Sumber:archdaily.com

Ternyata sangat menarik untuk mengeksplorasi konsep arsitektur yang dekat dengan alam, karena pemandangan indah dan suasana tenang mampu membuat kita semakin menikmati waktu yang ada.

Suasana yang tenang dan selalu dikelilingi oleh banyak penghijauan juga bisa membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih fresh dan sehat.

Jika masa pensiun semakin dekat, tidak ada salahnya untuk mulai merencanakan rumah pensiun impian Anda bersama Mata Air.

Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam menciptakan hunian kelas atas yang eksklusif dan mewah. Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian impian Anda, tanpa mengesampingkan style arsitektur dan interior yang Anda sukai.

Jika Anda ingin mengetahui layanan lengkap Mata Air Design & Build, silakan pelajari menu kami disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: archdaily.com, the-sun.com

^