4 Aspek Bangunan Hijau yang Bisa Diterapkan pada Rumah Tinggal

4 Aspek Bangunan Hijau yang Bisa Diterapkan pada Rumah Tinggal

04 November 2021 | Reading Time: 4 minutes

Bangunan hijau mata air
Sumber: deezen.com

Bangunan Hijau atau yang banyak dikenal sebagai Green Building adalah sebuah konsep perencanaan bangunan yang mempertimbangkan kelestarian dan keberlanjutan alam.

Konsep bangunan hijau atau bangunan ramah lingkungan ini muncul sebagai respon akan berbagai isu lingkungan, termasuk isu climate change, yang semakin hangat diperbincangkan beberapa tahun terakhir ini.

Bangunan hijau memiliki parameter penilaian yang cukup kompleks, namun bukan berarti tidak bisa diterapkan secara simpel pada rumah tinggal.

Mari simak 4 aspek dari konsep bangunan hijau yang bisa diterapkan di rumah tinggal.

1. Efisiensi Energi

Bangunan hijau mata air
Sumber: hqroom.ru, homeworlddesign.com

Efisiensi energi merupakan aspek penting dalam bangunan hijau.

Segala bentuk optimalisasi efisiensi penggunaan energi tercakup di dalamnya, misalnya penghematan energi pada sistem pengkondisian udara dan sistem pencahayaan.

Untuk mencapai efisiensi penggunaan energi, rumah bisa didesain dengan banyak bukaan, sehingga memungkinkan cross ventilation dan menekan penggunaan AC.

Rumah dengan banyak bukaan ke arah yang tepat juga bisa memasukkan cukup cahaya matahari, sehingga mengurangi penggunaan lampu di siang hari.

Memasang sistem pengendalian lampu jarak jauh juga bisa mengurangi penggunaan listrik dan lampu yang tidak perlu saat Anda sedang tidak berada di rumah.

2. Efisiensi Air

bangunan hijau mata air
Sumber: archdaily.com

Efisiensi air pada rumah tinggal bisa dilakukan mulai dari menggunakan keran auto-stop, hingga mengaplikasikan rainwater harvesting berskala kecil untuk penggunaan air daur ulang.

Rainwater harvesting adalah sebuah cara mengelola air hujan dengan cara menyimpannya, lalu mendaur ulang air hujan tersebut agar bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan tertentu, seperti toilet-flush dan menyiram tanaman.

3. Penggunaan Solar Panel

Bangunan hijau mata air
Sumber: archdaily.com

Berusaha untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan juga merupakan salah satu hal penting dalam konsep bangunan hijau.

Untuk skala rumah tinggal, memasang solar panel bisa dilakukan untuk mengumpulkan energi terbarukan dari cahaya matahari.

Solar panel ini biasanya dipasang berjejer di area atap, rooftop, atau balkon rumah.

Dan jika didesain dengan tepat, desain rumah justru terlihat semakin stylish dengan solar panel.

4. Aplikasikan Material Ramah Lingkungan

Bangunan hijau mata air
Sumber: wallflower.com.sg

Pemilihan material merupakan aspek penting dalam perencanaan setiap bangunan.

Kriteria material ramah lingkungan misalnya seperti material yang mudah didapatkan, material yang natural, material hasil daur ulang, material yang tidak mengandung unsur toxic atau berbahaya, hingga material yang bisa memberikan kenyamanan termal pada rumah.

Material yang bisa memberikan atau menambah kenyamanan termal nantinya akan menunjang optimalisasi efisiensi penggunaan energi juga.

Contoh dari aplikasi material ramah lingkungan pada rumah misalnya mengaplikasikan material bambu sebagai secondary skin pada fasad rumah.

Selain menambah kesan estetis pada fasad, secondary skin dari material bambu ini juga mampu mengurangi intensitas panas matahari yang masuk ke rumah.

Langkah Kecil Bisa Bantu Lestarikan Lingkungan

bangunan hijau mata air
Sumber: archdaily.com

Tentunya kita tidak ingin menutup mata terhadap berbagai isu kerusakan lingkungan, termasuk isu climate change, yang sedang kita hadapi beberapa tahun terakhir ini.

Perubahan dan langkah kecil yang kita lakukan bisa membawa dampak positif yang besar pada lingkungan.

Dengan mengenal konsep bangunan hijau, bukan tidak mungkin untuk mulai mengaplikasikan beberapa aspeknya di rumah tinggal Anda dan ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam menciptakan hunian kelas atas yang eksklusif dan mewah. Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian impian Anda tanpa mengesampingkan style interior dan arsitektur yang Anda sukai.

Jika Anda ingin mengetahui layanan lengkap Mata Air Design & Build, silakan pelajari menu kami disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: deezen.com, hqroom.ru, homeworlddesign.com, archdaily.com, wallflower.com.sg

Beberapa informasi diambil dan disadur dari: greenbuilding.jakarta.go.id, bangunanhijau.com, archdaily.com

^