Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Renovasi Rumah?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Renovasi Rumah?

29 Oktober 2021 | Reading Time: 4 minutes

kapan renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Agar rumah bisa selalu berfungsi dengan optimal, maka rumah membutuhkan perawatan secara rutin dan berkala.

Renovasi rumah juga merupakan salah satu bentuk perawatan rumah yang bisa dilakukan agar rumah tetap terjaga dalam kondisi prima, agar seiring berjalannya waktu rumah tetap nyaman, indah, dan mampu mengakomodir kebutuhan penghuninya.

Renovasi sendiri banyak macamnya, mulai dari skala kecil, skala sedang, hingga skala besar yaitu renovasi rumah secara total dan menyeluruh.

Anda bingung menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan renovasi rumah?

Mari simak 5 tanda bahwa Anda perlu untuk melakukan renovasi rumah.

1. Usia Rumah Sudah Melebihi 10 Tahun

kapan renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Rumah dengan kualitas terbaik sekalipun tidak akan bisa selalu terlihat baru, tidak pula mampu bertahan tanpa kerusakan selamanya, akan tiba waktunya rumah tersebut tetap membutuhkan perbaikan dan renovasi.

Kondisi setiap rumah tentu saja berbeda-beda, namun saat usia rumah sudah memasuki usia 10 tahun, tidak ada salahnya jika Anda mulai melakukan inspeksi teknis untuk melihat kelayakan bangunan rumah secara menyeluruh.

Anda bisa menunjuk tim ahli untuk menilai kelayakan teknis bangunan ini, karena cukup banyak hal yang harus diperiksa, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan sistem dan kekuatan struktur bangunan, serta sistem dan kelayakan utilitas bangunan.

2. Rumah Menunjukkan Beberapa Tanda Kerusakan

kapan renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Seiring berjalalannya waktu, merupakan hal yang wajar jika mulai ditemukan tanda-tanda kerusakan rumah.

Seperti atap rembes bahkan bocor, cat yang mulai mengelupas, retak rambut pada dinding, lantai mulai berderit dan keropos, pipa saluran mampet, hingga kerusakan pada sistem kelistrikan.

Jika salah satu atau lebih dari tanda-tanda kerusakan tersebut muncul dan mengganggu fungsi rumah, maka jangan segan untuk segera merencanakan perbaikan dan renovasi rumah, baik skala kecil, sedang, maupun besar.

Karena tanda-tanda kerusakan rumah tersebut tidak hanya akan berdampak pada aspek estetika dan keindahan saja, namun juga bisa berdampak pada aspek keselamatan penghuni.

3. Kebutuhan Ruang Berubah

kapan renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Kebutuhan penghuni tentu akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, misalnya penambahan jumlah anggota keluarga sehingga membutuhkan banyak ruangan baru.

Bisa juga perubahan hobby, perubahan pekerjaan, atau anak-anak yang mulai menginjak usia remaja bahkan dewasa, yang kemudian berdampak pada perubahan kebutuhan fungsi ruangan.

Atau bisa juga rumah mulai terasa sempit dan membutuhkan pengorganisasian ulang.

Banyak faktor yang mempengaruhi perubahan kebutuhan ruang ini, dan renovasi adalah jawaban jika Anda ingin rumah tetap bisa berfungsi optimal dan mampu mengakomodir berbagai kebutuhan tersebut.

4. Style Interior Terlihat Ketinggalan Jaman dan Kusam

kapan renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Setelah beberapa tahun, mungkin rumah mulai terlihat kusam dan style interiornya mulai ketinggalan jaman.

Anda tentunya menginginkan rumah tetap terlihat fresh dan stylish, maka renovasi interior adalah jawabannya.

Anda bisa melakukan update dan upgrade desain interior pada rumah Anda agar terlihat lebih modern dan segar.

5. Ingin Meningkatkan Nilai Rumah

kapan renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Tidak ada salahnya berinvestasi dengan rumah sendiri, salah satu caranya Anda bisa meningkatkan value rumah dengan melakukan perbaikan dan renovasi.

Tentunya rumah yang berfungsi dengan baik, kokoh, aman, terlihat fresh dan stylish akan memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding rumah yang sudah rusak, kusam, dan ketinggalan jaman.

Meningkatkan nilai rumah dengan renovasi juga bisa dilakukan saat Anda hendak menjual kembali rumah Anda, dengan demikian rumah bisa dijual dengan harga yang jauh lebih baik.

Pertahankan Kenyamanan dan Keindahan Rumah Dengan Renovasi

Pertahankan kenyaman dan keindahan rumah Anda dengan melakukan renovasi, baik skala kecil, sedang, atau besar, sebagai bagian dari perawatan rumah.

Dengan mengetahui beberapa tanda kapan rumah Anda sudah perlu direnovasi, maka Anda tidak kesulitan lagi menentukan saat yang tepat untuk merenovasi rumah.

Untuk hasil renovasi yang optimal, jangan lupa juga untuk membuat perencanaan yang matang dan cermat. Anda bisa membaca di sini untuk mengetahui langkah penting saat merenovasi rumah.

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas secara profesional. Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian ideal versi Anda.

Jangan segan untuk berkonsultasi dengan tim dari Mata Air untuk mewujudkan hunian ideal yang mewah dan elegan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai layanan lengkap dari Mata Air, silakan pelajari menu kami disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: hgtvhome.com

^