4 Langkah yang Penting Sebelum Renovasi Rumah

4 Langkah yang Penting Sebelum Renovasi Rumah

28 Oktober 2021 | Reading Time: 4 minutes

renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Saya dan keluarga mendapatkan tanah warisan beserta dengan rumah tuanya yang sudah puluhan tahun berdiri. Saya khawatir apakah rumah ini masih bisa bertahan. Perlukah saya bangun ulang atau bisa renovasi saja?

Bersama istri, kami menemukan lokasi lahan idaman dengan rumah sebelumnya masih berdiri. Sepertinya kalau kami bangun rumah dari nol akan memakan biaya tinggi, maka kami memilih untuk renovasi sesuai gaya kesukaan kami. Tapi apa ya hal-hal yang harus dipertimbangkan saat renovasi?

Kami telah tinggal di rumah ini selama belasan tahun, anak-anak kami sudah remaja dan banyak memori menyenangkan disini. Tapi di tahun-tahun itu juga rumah kami menua dan telah mengalami kerusakan disana-sini. Daripada pindah, kami ingin tetap tinggal disini. Tapi dengan dana sekian, kami belum tahu apakah dana tersebut cukup untuk bangun ulang sesuai kebutuhan kami yang baru atau lebih hemat jika melakukan renovasi dan perluasan saja?

renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Apakah pertanyaan-pertanyaan diatas cocok dengan situasi Anda saat ini? Seiring berjalannya waktu, wajar jika kebutuhan Anda akan tempat tinggal mengalami perubahan.

Namun, tentu saja memutuskan untuk melakukan renovasi rumah atau tidak memerlukan perencanaan yang matang agar hasil yang didapatkan benar-benar sesuai dengan impian dan harapan Anda.

Simak 4 langkah berikut yang penting untuk dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk renovasi.

1. Desain Ruangan dengan Pencahayaan Alami dan Sirkulasi Udara yang Baik

renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Sejak awal, tentukan terlebih dahulu apa saja yang menjadi kebutuhan Anda untuk sebuah rumah tinggal, dan hasil apa yang Anda harapkan dari renovasi rumah ini, misalnya dengan mencoba menjawab beberapa pertanyaan berikut.

Ruangan, fasilitas, dan fitur apa saja yang Anda butuhkan dan inginkan di dalam rumah tinggal Anda?

Style Arsitektur dan Interior seperti apa yang ingin Anda aplikasikan di rumah ini?

Berapa jumlah biaya yang Anda anggarkan untuk proyek renovasi rumah ini?

Berapa lama kurun waktu yang Anda targetkan untuk proyek renovasi ini?

Dengan menjawab beberapa pertanyaan di atas sebelum memulai proses renovasi, maka Anda akan lebih siap untuk proyek renovasi ini.

2. Menunjuk Tim Ahli untuk Melakukan Penilaian Kelayakan Teknis Bangunan

renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Sebelum masuk ke proses desain maupun renovasi, sebaiknya terlebih dahulu Anda menunjuk tim ahli untuk menilai kelayakan teknis bangunan untuk rumah lama tersebut, terutama bangunan yang sudah berusia lebih dari 10 tahun.

Pengecekan kelayakan teknis bangunan oleh tim ahli ini sangat penting untuk dilakukan sebelum proyek renovasi dilakukan, karena seringkali ada hal-hal teknis seperti pondasi, struktur penyangga, atap, pemipaan, kelistrikan, dan lain sebagainya yang harus diperbaiki dan diperbarui.

Karena perlu diperhatikan bahwa pekerjaan renovasi tidak sekedar mempercantik bangunan agar terlihat baru, namun ada hal-hal teknis yang harus sesuai dengan standar kelayakan dan standar keamanan.

3. Bekerjasama dengan Tim Design & Build yang Profesional dan Ahli

renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Setelah melakukan langkah pertama dan kedua di atas, selanjutnya Anda bisa menunjuk tim ahli yang akan berperan dalam hal mendesain dan membangun/merenovasi rumah Anda.

Pelajari riwayat dan portofolio dari tim design and build yang Anda tunjuk, apakah profilnya sesuai dengan yang Anda harapkan untuk proyek renovasi bangunan rumah tinggal impian Anda tersebut.

Dan jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis secara profesional mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hak dan kewajiban masing-masing pihak yang bekerjasama dalam proyek renovasi ini.

Lebih detail mengenai hak dan kewajiban konsumen dalam praktik Arsitektur, silahkan Anda baca di sini*.

4. Membuat Perencanaan yang Detail Terkait Desain yang Anda Dambakan

renovasi rumah mata air
Sumber: hgtvhome.com

Pertajam dan perjelas keinginan Anda terkait desain rumah yang Anda harapkan.

Seperti detail arsitektur dan interior yang Anda suka, serta hasil renovasi yang Anda inginkan, lalu diskusikan hal tersebut dengan tim design & build yang telah Anda tunjuk.

Hal yang terkait desain ini misalnya seperti kebutuhan ruang, fitur-fitur khusus pada rumah, style arsitektur dan interior, palette warna, material, dan lain sebagainya.

Tim design & build yang ahli dan berpengalaman juga bisa memberikan banyak masukan pada Anda mengenai desain dan fitur rumah yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

Wujudkan Hasil Renovasi Terbaik dengan Perencanaan yang Cermat

Dengan membuat perencanaan yang matang, detail, dan cermat, serta bekerjasama dengan tim yang ahli dan profesional di bidangnya, maka kesalahan dalam pekerjaan bisa diminimalisir dan harapannya hasil renovasi pun akan sesuai dengan impian Anda.

Seperti sebuah pepatah dari seorang seniman legendaris, Pablo Picasso,

“Our goals can only be reached through the vehicle of a plan, in which we must fervently believe, and upon which we must vigorously act. There is no other route to success.”

Semoga artikel ini bisa membantu Anda!

Mata Air telah memiliki 20 tahun pengalaman dalam merancang dan membangun hunian kelas atas secara profesional. Kami dengan senang hati membantu Anda mewujudkan hunian ideal versi Anda.

Jangan segan untuk berkonsultasi dengan tim dari Mata Air untuk mewujudkan hunian ideal yang mewah dan elegan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai layanan lengkap dari Mata Air, silakan pelajari menu kami disini atau klik button WA di pojok kanan bawah untuk chat langsung dengan konsultan Mata Air.

Gambar diambil dari: hgtvhome.com

^