8 Inspo Kamar Bermain Anak Sesuai Tipe Kecerdasan – Part 1

8 Inspirasi Kamar Bermain Anak Sesuai Tipe Kecerdasan - Part 1

22 July 2021 | Reading Time: 4 minutes

Kamar bermain anak Mata Air
Credit: unsplash.com/@lzzbest

Melalui riset, psikolog Harvard bernama Howard Gardner mencetuskan Macam-Macam Kecerdasan Anak yang dapat orang tua perhatikan dari kecenderungan minat dan perkembangan anak dari usia TK.

Kecerdasan tersebut ada 8 tipe, yakni:

  • Matematis
  • Linguistik
  • Spasial
  • Musikal
  • Kinestetik
  • Interpersonal
  • Intrapersonal, dan
  • Naturalis.

Anak-anak dapat belajar menjelajahi hal-hal ini dengan jumlah playtime yang cukup dan stimulus atau mainan edukatif yang sesuai.

Namun, di masa pandemi seperti ini, anak-anak tidak dapat mengikuti sekolah dan ekstra kurikuler secara fisik. Mereka kehilangan pengalaman belajar bentuk riil dan secara sosial bisa jadi sangat terhambat.

Bagaimana Anda sebagai orang tua dapat mendukung minat dan tumbuh kembangnya di rumah?

Salah satu caranya adalah menyediakan kamar bermain anak untuk ia bereksplorasi sesuai minatnya, dan Anda dapat mendampinginya. Siapa tahu ia menjadi calon Beethoven masa depan atau atlet Olimpiade?

Mari simak beberapa contoh ruang bermain dan belajar bagi mereka.

1. Kamar Bermain Anak dengan Kecerdasan Matematis: Bagi Pecinta Angka, Berhitung, dan Logika

Kamar bermain anak Mata Air
Credit: houseandhome.com, domino.com

Jika putra putri Anda suka berhitung bersama Anda, banyak bertanya kenapa atau mengapa, atau bermain puzzle - dia berminat akan hal-hal yang berhubungan dengan matematika.

Hadirkan ruangan dengan stimulus dan dekorasi yang sesuai. Perkenalkan permainan yang membutuhkan solusi, misalnya permainan mencocokkan kartu atau puzzle untuk anak usia 5+.

Dan dekorasi ruang dapat sangat playful sambil Anda memperkenalkan berbagai topik science seperti playroom diatas, dengan hiasan balon udara.

Sebuah meja besar dengan kursi ukuran anak-anak akan nyaman untuk dia bermain dan belajar berhitung. Lemari berisi berbagai mainan dan buku STEAM akan menjadi perkenalan ke dunia matematika dan logika yang mengasyikkan.

2. Kamar Bermain Anak dengan Kecerdasan Linguistik: Kamar Bermain dengan Stimulus Bahasa

Kamar bermain anak Mata Air
Credit: hellowonderful.com, projectnursery.com

Bersabarlah jika anak-anak senang sekali mengajak Anda mengobrol, bercerita secara random dan melontarkan kata-kata baru.

Mereka sedang seru-serunya menikmati ketrampilan yang baru mereka sadari: menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, mengungkapkan apa yang ada di pikiran dan hati mereka.

Ajaklah membaca buku bersama mereka, seperti buku cerita bergambar fantasi di sebuah reading nook bersofa. Atau latihan menulis alfabet saat bersantai pagi hari di meja kecilnya.

Nuansa playroom yang penuh dengan buku dan alat-alat tulis seperti ini pasti membuatnya tidak mudah bosan.

3. Kamar Bermain Anak dengan Kecerdasan Spasial: Penuh Experience Saat Jelajah Bentuk, Ruang dan Seni

Kamar bermain anak Mata Air
Credit: petitemodernlife.com, collins-interior.com

Putra putri dengan kecerdasan spasial menghabiskan banyak waktu menciptakan bentuk dengan playdough atau lilin, menggambar dengan media macam-macam, atau membangun dengan lego.

Mereka layak mendapatkan kamar bermain yang penuh dengan stimulus untuk mencipta, juga ruang yang membuat mereka bisa menjelajah dan melihat space dari berbagai sudut yang tidak biasa. Seperti di contoh ruang kiri; ada sebuah tangga, deck dan perosotan.

Dukung juga dengan pajang karya-karya mereka di tembok. Tidak hanya Anda yang bangga melihatnya, anak-anak pun merasa lebih confident untuk terus belajar dan eksplorasi diri.

4. Kamar Bermain Anak dengan Kecerdasan Musikal: Eksplorasi Alat Musik dengan Ruang Kedap Suara

Kamar bermain anak Mata Air
Credit: lovetaza.com, ana-white.com

Perhatikan saat anak Anda senang dengan bunyi-bunyian, beat dan musik dari radio. Sukanya nyanyi lagu-lagu film kesukaan dia. Seru banget saat coba-coba alat musik. Bisa jadi ia cerdas secara musikal!

Cobalah sediakan ruang bermain bertema musik yang dilengkapi dengan kedap suara.

Perkenalkan berbagai macam alat musik dan kalau memungkinkan, berikan les musik via video call. Dan lihat bagaimana skill musik dia berkembang di akhir tahun.

Juga, bikinkan mini stage agar ia bisa tampil bernyanyi dengan lantang. Untuk menghibur kakek nenek, sebuah konser kecil via zoom akan bikin virtual reuni menjadi seru.

Bagaimana dengan inspirasi kamar bermain untuk 4 kecerdasan lainnya? Lihat di artikel bagian 2 disini.

Hidupkan dunia anak dengan ruang bermain yang sesuai kecerdasan mereka

Kamar bermain anak yang sesuai karakter putra-putri Anda pasti dapat mendukung tumbuh-kembang mereka lebih baik.

Mata Air memiliki pengalaman selama 20 tahun menciptakan Home Sweet Home untuk hunian kelas atas. Kami membantu banyak keluarga mewujudkan rumah yang homey, termasuk kenyamanan untuk kamar putra putri mereka.

Dan dengan jasa arsitek dan kontraktor jadi satu, yang biasa disebut Design & Build, maka akan memudahkan proses desain dan bangun bagi keluarga Anda.

Hubungi kami di 0811-884-8847 dengan klik logo WA pojok kanan bawah web ini, atau kirim brief desain interior kamar bermain anak di form inquiry ini.

Gambar diambil dan beberapa info disadur dari: verywellmind.com, simplypsychology.com, unsplash.com/@lzzbest, houseandhome.com, domino.com, projectnursery.com, petitemodernlife.com, collins-interior.com, lovetaza.com, ana-white.com, InspiredToRevamp.com, covet.eu, blog.mooui.com.br, potterybarnkids.com, mindfullygray.com, prettydomisticated.com, muralswallpaper.com, benniamadiinteriors.com.

5 Desain Patio Yang Membawa Suasana Liburan di Rumah

5 Desain Patio Yang Membawa Suasana Liburan di Rumah

4 Tahap Perancangan Sebuah Bangunan

4 Tahap Perancangan Sebuah Bangunan

5 Kelebihan Jasa Kontraktor Rancang Bangun

5 Kelebihan Jasa Kontraktor Rancang Bangun

^