Arsitektur Art Deco di Nusantara. Bersejarah & Mempesona!

Arsitektur Art Deco di Nusantara. Bersejarah & Mempesona!

18 Mei 2021 | Reading Time: 3 minutes

1 1 Ruang Kerja Kebebasan Mindy Kaling

Tahukah Anda bahwa popularitas gaya Art Deco pada abad ke-20 mencapai nusantara?

Pengaruhnya yang signifikan dalam dunia desain dan arsitektur telah menghasilkan gedung-gedung ternama dengan tema Art Deco di Indonesia.

Terutama di wilayah Bandung yang sampai sekarang masih memegang gelar sebagai kota dengan gedung Art Deco terbanyak di Indonesia dan dunia!

Pernahkah Anda mengunjunginya? Jika belum, berikut sekilas beberapa gedung bersejarah di nusantara dengan tema Art Deco yang berdiri hingga kini.

3 1 Ruang Kerja Kebebasan Mindy Kaling

Stasiun Solo Jebres yang Fotogenik Menghias Jawa Tengah

Stasiun yang telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya ini pertama kali dibangun pada tahun 1884 oleh Pemerintah Kasunan Surakarta melalui Staatsspoorwegen, dinas kereta api nasional untuk Hindia Belanda saat itu.

Karakteristik Art Deco dapat ditandai dengan bentuk gedung yang linear, corak segitiga dan persegi yang bersifat geometris, dan juga aksen gold yang terdapat pada panelling. Sungguh fotogenik dan mudah dikenali.

Menurut sejarah, Stasiun ini dibangun awalnya dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk melancarkan diplomasi dengan kerajaan yang ada di Kota Solo. Namun seiring waktu, stasiun ini dipakai untuk membantu pengangkutan barang seperti gula dan tembakau yang menjadi andalan Karesidenan Surakarta hingga kini! Inginkah Anda singgah di stasiun ini? 

2 1 Ruang Kerja Kebebasan Mindy Kaling

Villa Isola yang Nostalgik di Bandung 

Tak asing di telinga, gedung yang berada di Jl Setiabudi ini selalu menjadi destinasi banyak orang saat mengunjungi kota Bandung. 

Villa Isola dibangun pada tahun 1933 oleh C.P Schoemaker, seorang arsitek yang terkenal dengan hasil karya berlanggam Art Deco. Gedung ini pertama kali dibangun atas permintaan Willem Berrety, seorang hartawan dengan bisnis percetakan koran. Menurut sejarah, Willem menghabiskan kurang lebih 250 miliar untuk membangun gedung tersebut!

Kini Villa Isola berdiri sebagai kantor rektorat Universitas Pendidikan Indonesia. Bangunannya yang berbentuk silinder, curved, serba putih dan dipenuhi oleh jendela glass block membuat Villa Isola terlihat streamlined dan nostalgik. 

4 1 Ruang Kerja Kebebasan Mindy Kaling

Indah Simetris Museum Bank Mandiri di Jakarta  

Museum Bank Mandiri adalah museum perbankan pertama yang diresmikan pada tahun 1998. Terletak di wilayah Kota Tua, museum ini masih sangat ramai dengan pengunjung.

Terkenal dengan koleksinya yang beragam, museum ini mengoleksi berbagai item yang berkaitan dengan aktivitas perbankan, mulai dari perlengkapan operasi milik bank kolonial, mata uang lama, brankas Belanda kuno, dan juga lainnya. Selain itu interior bangunan dan furniture juga dipertahankan seperti pada zaman kolonial.

Facade dari  museum ini menunjukkan ciri khas Art Deco dengan garis vertikal dan horizontal yang berjajar dengan simetris. Bangunan ini juga didesain dengan balkon dan kaca patri yang geometris, atap yang datar, serta ziggurat di bagian atasnya. Sangat megah bukan? 

5 1 Ruang Kerja Kebebasan Mindy Kaling

Permata Art Deco di Jakarta Pusat bernama Bioskop Metropole 

Terletak di area Menteng, bioskop yang dulunya dikenal sebagai bioskop Megaria ini pertama kali berdiri pada tahun 1951. Berubah nama setelah orde baru menjadi Metropole, gedung ini menjadi bioskop tertua di Jakarta yang masih aktif menayangkan film terbaru, karena disewa oleh grup 21 Cineplex pada tahun 1989.

Sebagai bioskop yang cukup bersejarah, ia telah menayangkan film-film pada Festival Film Indonesia pertama (1955) dan Festival Film Asia Pasifik ke-16 (1970). Bahkan, terdaftar sebagai sebagai situs warisan arsitektur oleh gubernur pada tahun 1993 silam. 

Namun, selain filmnya, hal yang membuat lokasi ini menarik pengunjung adalah nuansa mewah gaya Art Deco yang menghiasi gedung. Bangunannya memiliki menara kotak langsing dengan nama bioskop, facade bentuk kubis dengan unsur-unsur geometris, dan juga kaca patri yang terkenal sebagai ciri khas gaya Art Deco.

Ayo kunjungi bangunan unik ini untuk melihat langsung kerennya Metropole. 

Art Deco, Sebuah Kemewahan Yang Nostalgik  

Memilih gaya Art Deco sebagai langgam preferensi Anda dapat menciptakan tampilan bangunan yang dinamis dengan sentuhan kemewahan yang elegan.

Selain hunian kelas atas, kami juga mewujudkan gedung komersil bernuansa mewah dengan pelayanan One Stop Service Design & Build Mata Air.

Berkonsultasilah dengan tim kami via WA 0811-884-8847 atau klik form inquiry di sini.

Gambar diambil dan info disadur dari: wikipedia.com, voi.id.com, 99.co.com, arsitektur-indonesia.com, arsitur.com, cineplex21.com, GNFI.com, encylopedia.jakarta-tourism.com 

^