Bangunan Ikonik Bertema Art Deco yang Megah dan Mewah di Berbagai Negara

Bangunan Ikonik Bertema Art Deco yang Megah dan Mewah di Berbagai Negara

28 April 2021 | Reading Time: 3 minutes

1 2 art deco

Kemewahan dan kemegahan dari gaya Art Deco memang tidak pernah gagal memukau dan kami meyakini langgam ini sebagai salah satu inspirasi terbesar saat mendesain hunian mewah para klien.

Ciri khasnya adalah pola geometris yang dominan serta warna dan profil yang tegas. Berikut adalah beberapa gedung terkemuka bertema Art Deco di berbagai belahan dunia yang kami kagumi dan kaya akan sejarah!

2 2 art deco

Langham Yangtze Boutique Hotel (Shanghai, China)

Dijuluki sebagai “The Third Largest Hotel in the Far East”, Yangtze Hotel pertama kali dibuka pada tahun 1934 oleh arsitek ternama, Li Pan. 

Memiliki sebuah ballroom mewah, 9 private dining room, dan lebih dari 103 kamar suite, bangunan hotel ini begitu berkesan bagi siapapun yang melihatnya.

Sehingga seringkali dijuluki sebagai gedung yang ikonik dengan glamor dan kemewahannya di pusat kota Shanghai. 

Kekhasan dari gaya Art Deco dapat terlihat dari perpaduannya dengan gaya chinoiserie yang ternama, dan juga dari tegasnya pola geometris yang menghiasi facade bangunan.

 

3 2 art deco

Eastern Columbia Building (Los Angeles, USA)

Eastern Columbia Building, lebih kerap dikenal sebagai East Columbia Lofts, adalah gedung bergaya Art Deco dengan tinggi 13 lantai yang dirancang oleh arsitek Claud Beelman. 

Gedung ini dibuka pada tanggal 12 September 1930, dengan waktu 9 bulan untuk pembangunan dengan tujuan untuk menjadi headquarter baru Eastern Outfitting Company dan Columbia Outfitting Company, sebuah perusahaan furnitur dan pakaian.

Dengan pembangunan struktur mewah ini, perusahaan ini dapat membanggakan diri sebagai salah satu bangunan terbesar yang dibangun di pusat kota Los Angeles setelah masa perang dunia ke-II.

Berkat struktur khas Art Deco yang simetris dan warna terra cotta teal dan turqoise yang dipadukan dengan golden leaf tile, gedung ini menjadi terkenal dengan keindahannya yang transenden, mewah dan sangat bold

4 2 art deco

The Hoover Building (Western Avenue, London, United Kingdom)

Dibuka pada tahun 1933, Hoover Building merupakan sebuah  pabrik yang dibangun untuk menjadi pusat kesejahteraan pekerja dan markas besar inggris pada masa perang dunia ke-I.  

Gedung ini kemudian direnovasi oleh IDM Properties dengan tetap mempertahankan kemewahan gaya Art Deco yang didesain oleh arsitek ternama yakni Wallis, Gilbert & Partners. 

Sekarang, gedung ini berdiri sebagai sebuah apartemen mewah dengan enam puluh enam kamar di London, dengan tema warna pirus, baja, dan juga beige yang dibarengi dengan desain atap datar yang ikonik dengan gaya Art Deco.

 

5 2 art deco

Majorca Building (Melbourne, Australia)

Dirancang dan dibangun oleh arsitek Harry Norris antara tahun 1928 hingga tahun 1930, Majorca Building merupakan gedung dengan 8 lantai. Lantai dasar digunakan sebagai toko, dan lantai atas adalah apartemen pribadi.

Norris mendesain Majorca Building di bawah pengaruh gaya arsitektur Art Deco Australia dan Spanyol yang sedang berkembang pada tahun-tahun itu.

Bangunannya menggabungkan warna-warna earthy yang mengesankan, mulai dari ubin berkilau biru, ornamen berbentuk daun, dan motif emas mewah yang dapat dikenali dari bagian luarnya. 

Stained window glass nampak sangat mencolok di gedung ini, sangat menawan untuk dipandang. Langgam Art Deco yang penuh energi dan tesktur sungguh menjadi daya tarik Majorca Building.

6 1 1 art deco

The Mutual Building (Cape Town, South Africa)

Dibuka pada tahun 1940, gedung ini dibangun sebagai markas besar South African Mutual Life Assurance Society yang sekarang menjadi perusahaan asuransi dan jasa keuangan Old Mutual. 

Bangunan ini sangat kaya akan desain Art Deco karena memiliki banyak fitur eksternal termasuk struktur ziggurat yang megah dan mewah.

Dan elemen khas Art Deco lainnya adalah jendela berbentuk prisma dan profil fasad menggunakan batu berukir, salah satu yang terpanjang di dunia.

Gedung ini sekarang diubah menjadi tempat tinggal, meskipun beberapa bagian bangunan digunakan secara komersial.

Art Deco, The Perfect Opulent Design

Gaya Art Deco merupakan pilihan yang tepat untuk diaplikasikan dalam hunian mewah Anda, agar dapat mencerminkan suasana serta tampilan yang lux dan juga keanggunan yang tiada banding. 

Dengan spesialisasi lebih dari 20 tahun dalam langgam Art Deco, Mata Air Persada siap membantu Anda untuk merealisasikan kemewahan hunian tersebut. 

Anda dapat menghubungi kami untuk menghadirkan hunian impian Anda, tim kami siap mendampingi dalam proses tersebut dengan berkonsultasi via WA 0811-884-8847 atau klik form inquiry di sini.

Gambar diambil dan info disadur dari: elledecor.com, dezeen.com, wikipedia.com 

5 Desain Patio Yang Membawa Suasana Liburan di Rumah

5 Desain Patio Yang Membawa Suasana Liburan di Rumah

4 Tahap Perancangan Sebuah Bangunan

4 Tahap Perancangan Sebuah Bangunan

5 Kelebihan Jasa Kontraktor Rancang Bangun

5 Kelebihan Jasa Kontraktor Rancang Bangun

^