HOS Cokroaminoto, Menteng: Co-living Mewah yang Homey di Pusat Jakarta

HCokro 1 1 scaled menteng

Tahun Penyelesaian
2005

Fungsi Bangunan
Compound house, service apartment

Langgam
Art Deco Tropik

Tipe Proyek
Design & Build

Luas Bangunan
± 650㎡

Co-living Mewah yang Homey di Pusat Jakarta

Bagaimana cara memanfaatkan lahan super premium dengan syarat kaidah cagar budaya dan juga untuk tujuan komersil? Setelah memahami bahwa ada kebutuhan khusus setempat yang bisa dilayani, Mata Air mengusung konsep compound house dengan langgam Art Deco Tropik. Mengapa?

Karena ada keluarga-keluarga yang memprioritaskan lokasi strategis, baik untuk bekerja dan untuk tetap dekat dengan orang tua, daripada perihal rumah kepemilikan pribadi. Lalu, ini suatu kesempatan emas untuk menciptakan bangunan ikonik Art Deco yang menjadi ciri khas Mata Air, karena daerah Menteng merupakan cagar budaya untuk tipe bangunan demikian.

Mata Air meyakini bahwa ini suatu co-living mewah yang dapat menghadirkan berbagai solusi seperti menjawab kebutuhan rasa homey walau formatnya compound house, preferensi lokasi yang prestige dan menguntungkan untuk kebiasaan keluarga tersebut, penyediaan pelayanan serta fasilitas mewah dengan biaya operasional yang lebih rendah daripada dimiliki sendiri.

Ada empat unit hunian dengan akses dan sirkulasi masing-masing, sehingga tiap keluarga masih bisa memiliki privasi masing-masing. Rumah no 41 di Jalan HOS Cokroaminoto ini  juga dilengkapi dengan fasilitas common area berupa ruang tamu, kolam renang, service area, serta ruang parkir kendaraan. 

Sedangkan sentuhan kuat Art Deco dapat dilihat pada art stained glass sebagai aksen pada pintu-pintu utama. Kaca patri yang terinspirasi dari “Tree of Life” karya Frank Lloyd juga memberikan keunikan tersendiri pada hunian ini.

Lihat di Google Maps:

https://goo.gl/maps/9w12eRBiXuj1ac2y9 

Lokasi Proyek: Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat

Design: Mata Air
Build: Mata Air
Interior: Mata Air
Landscape: Mata Air
Exclusive Housing Maintenance: Mata Air

^