Dilema Landed-House vs Apartemen – Stay At Home lebih nyaman dan sehat.

Dilema Landed-House vs Apartemen - Saatnya memilih agar Stay At Home lebih nyaman dan sehat.

7 January 2021 | Reading Time: 2 minutes

Apartemen Mata Air

Pernahkan Anda bingung untuk memilih antara landed house atau apartemen untuk dijadikan tempat tinggal ataupun investasi? Apalagi di masa Next Normal ini, kita semua menginginkan rumah yang lebih nyaman dan lebih sehat untuk semua anggota keluarga kita.

Seringkali pertanyaan ini muncul bagi Anda yang baru pertama kali ini membeli rumah ataupun terjun di dunia investasi properti. Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan agar dapat menentukan pilihan yang tepat , berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Landed House & Apartment.

1. Luas Rumah

Luas rumah Landed House pasti akan jauh lebih besar dibanding dengan apartemen. Jika Anda mempunyai anggota keluarga yang cukup banyak pasti Anda memerlukan luas tanah yang lebih besar untuk menampung banyak orang, tentunya apartemen bukan menjadi pilihan yang tepat. Tetapi, jika Anda ada keluarga baru apartemen bisa menjadi pilihan.

2. Parkiran

Parkiran mobil di Landed House pasti sangat terbatas dibandingkan dengan parkiran mobil di Apartemen. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda mempunyai kendaraan pribadi lebih dari satu. Tetapi, jika Anda mempunya 1-2 mobil maka Landed House bisa menjadi opsi lain. Dengan adanya parkiran yang tersedia banyak, Anda tidak perlu repot jika sanak saudara datang untuk berkunjung dan membawa kendaraan.

3. Tanah lapang

Pada Landed House terdapat tanah yang lebih lapang yang dapat Anda gunakan untuk berkebun atau menjadi ruang berkumpul para tamu. Bagi Anda yang mempunyai anak-anak, Landed House menjadi pilihan yang cocok. Dengan adanya tanah tambahan, mereka dapat lebih leluasa untuk bermain di sekitaran rumah tanpa harus takut terpapar virus.

Apartemen Mata Air

Photo by Taylor Simpson on Unsplash

4. Fasilitas

Fasilitas seperti gym, sport hall, swimming pool, dan taman bermain dapat Anda temui di apartemen. Pada Landed House fasilitas ini dapat ditemui pada tempat-tempat umum. Tentu saja kenyamanan untuk menggunakan fasilitas ini akan berkurang dikarenakan semua orang dapat mengakses tempat tersebut.

5. Keamanan

Pada jaman sekarang para keamananan Landed House sudah tidak kalah dengan apartemen, dengan adanya para tetangga yang dapat membantu untuk menjaga rumah. Akan tetapi dikarenakan jangkauan tanah yang luas akan lebih luas untuk memantau siapa saja yang masuk dan berkeliaran di sekitar lingkungan rumah. Sedangkan pada apartemen sistem keamanan sangat tinggi , para penghuni akan diberi kartu akses dan melewati security.

6. Nilai Properti

Jika Anda ingin berinvestasi, nilai properti berbeda untuk setiap tipe. Hal ini juga dipengaruhi oleh lokasi dan ukuran rumah. Nilai jual Landed House semakin tahun akan semakin bertambah begitu juga dengan Apartemen. Akan tetapi, nilai jual apartemen tergantung pada jenis bangunan, lokasi dan juga pemeliharaan bangunan.

lha1 apartemen

What’s your next move: moving in or moving out? Photo by HiveBoxx on Unsplash

Jadi, bagaimana menurut Anda. Apakah lebih nyaman mempunyai rumah yang membumi atau tinggal di langit apartment? Apapun pilihan Anda, pastikan tetap aman terhindar dari resiko paparan virus agar tetap sehat dan juga nyaman dan merdeka selama di rumah tanpa rasa terkekang.

5 Desain Patio Yang Membawa Suasana Liburan di Rumah

5 Desain Patio Yang Membawa Suasana Liburan di Rumah

4 Tahap Perancangan Sebuah Bangunan

4 Tahap Perancangan Sebuah Bangunan

5 Kelebihan Jasa Kontraktor Rancang Bangun

5 Kelebihan Jasa Kontraktor Rancang Bangun

^