Next Normal for Indonesia: The Start of Localization Business Unit

Next Normal for Indonesia: The Start of Localization Business Unit

15 December 2020 | Reading Time: 2 minutes

sbu1 next normal

Bukan hal yang asing lagi di era digital ini pembahasan disekitar kita khususnya dunia bisnis yang membicarakan pesatnya pertumbuhan Start-Up, baik dibidang kuliner, kecantikan, kesehatan bahkan jasa seperti dibidang rancang bangun dan properti.

Mata Air merupakan salah satu perusahaan yang memberikan jasa bidang Design, Build, and Maintenance serta dilengkapi dengan keahlian Property Realty. Setelah keberadaannya hampir 20 Tahun tahun 2021 ini, Mata Air mempunyai impian untuk mengembangkan sayap lebih luas lagi untuk memberikan jasa ke semua daerah di Indonesia. Ar. Leonard Tambunan, MCM sebagai pendiri Mata Air mempunyai Visi untuk membuat Mata Air semakin dikenal di bumi pertiwi ini melalui SBU di setiap titik daerah.

Strategic Business Unit (SBU) atau dalam bahasa Indonesianya ‘Unit Bisnis Strategis’ adalah sebuah strategi dalam pengembangan bisnis perusahaan, yang berupa Unit atau Divisi Operasional yang independen tapi tetap berada didalam sebuah perusahaan, yang memiliki atau melayani segmen usaha tersendiri, pasar tersendiri, konsumen tersendiri, atau daerah tersendiri, dengan tingkat persaingan yang tinggi.

Halnya selaras dengan perkembangan dunia bisnis yang berubah dalam Next Normal ini. Menurut pakar ekonomi Mike O’Sullivan dalam sharingnya di Youtube TedTalks pada tanggal 12 Januari 2021, beliau mengatakan bahwa globalisasi mendekati akhirnya dan prediksi terbaik New World Order adalah negara-negara akan berjuang bersama karena sharing value yang sama, bukan melulu karena alasan geografi.

Juga, bagi negara-negara dengan populasi usia muda yang besar dan perkembangan ekonomi yang rapid, mereka tidak lagi dapat didikte oleh struktur global seperti IMF. Maka, Indonesia sebagai salah satu negara dengan kondisi ini dapat keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi dengan menjunjung nilai, sistem, dan struktur setempat yang paling cocok untuk menggerakkan giat dan gairah perekonomian. Singkat kata, orang lokal-lah yang paling tahu kebutuhan dan permintaan daerahnya.

Globalisasi

"Globalization is on its deathbed," says economist Mike O'Sullivan. The question now is: What's next? Tracing the historical successes and failures of globalization, O'Sullivan forecasts a new world order where countries come together over shared values rather than geography

Mata Air sudah beberapa kali mengadakan forum untuk berdiskusi mengenai SBU ini sejak 2018 dan terus mengaktualisasi diri seraya masa dan kebutuhan industrinya berubah. Terlebih lagi dengan kondisi ekonomi yang telah berbeda di Next Normal ini, maka inilah waktu yang tepat untuk mengajak para pengusaha untuk berdiskusi bersama dalam workshop.

Silakan hubungi kami untuk jadwal workshop terbaru di tahun 2021 dengan mengisi formulir Bisnis & Kolaborasi di halaman INQUIRY.

5 Desain Patio Yang Membawa Suasana Liburan di Rumah

5 Desain Patio Yang Membawa Suasana Liburan di Rumah

4 Tahap Perancangan Sebuah Bangunan

4 Tahap Perancangan Sebuah Bangunan

5 Kelebihan Jasa Kontraktor Rancang Bangun

5 Kelebihan Jasa Kontraktor Rancang Bangun

^