10 Tips Untuk Ruang Kerja Rumah New Normal

Reading Time: 3 minutes

10 Tips Untuk Ruang Kerja Rumah di New Normal

8 January 2021 | Reading Time: 3 minutes

Ruang kerja di rumah menjadi salah satu ruangan penting di masa New Normal. Agar Anda dapat dengan leluasa fokus dan bebas berkarya, simak 10 tips berikut untuk upgrade workspace Anda.

Ruang Kerja Rumah

Ruang kerja yang baik tidak sekadar luas atau tanpa distraksi. Lebih baik didekor sesuai minat Anda, sehingga setiap hari memberikan inspirasi dan semangat untuk produktif.

1 - Inspirational ambience

Pilih dekorasi ruang dan warna interior yang memberikan inspirasi serta semangat untuk berkarya. Cari inspirasi lewat pinterest dengan keyword interior palette atau home decor palette, pasti Anda dapat temukan yang cocok untuk ruang kerja yang mewah dan aspiratif.

2 - Efficient arrangement

Leluasa bergerak di dalam ruang kerja pribadi adalah suatu kunci agar kinerja Anda lebih efisien. Dua cara yang bisa dilakukan yaitu pertama-tama atur posisi furnitur, baik kursi kerja, meja kerja atau lemari penyimpan, agar Anda mudah meraih dan menggunakan peralatan kantor. Kedua, pastikan cukup banyak colokan dengan memasang terminal agar semua peralatan elektronik dapat berada dekat dengan Anda.

3 - Green heals, bring plants in

Bekerja di rumah membawa tekanan tersendiri, maka ide biophilia menjadi salah satu solusi coping Anda. Karena, menatap kehijauan terbukti dapat menurunkan stress dan menyegarkan pikiran. Coba bawa masuk tanaman indoor yang mudah untuk dirawat, misalnya, Sansevieria yang mudah berkembang. Atau Peace Lily berdaun rimbun dan berbunga indah untuk ruang bekerja Anda. Untuk tips merawat, bisa coba baca artikel 5 Cara Rawat Indoor Plants.

4 - Less distraction, your way

Usahakan ruang kerja Anda cukup tenang untuk konsentrasi dan bebas melakukan video call. Kalau memungkinkan, atur cell phone Anda menjadi silent agar dapat menyelesaikan sebuah tugas lebih efisien. Beberapa orang membutuhkan background noise saat bekerja, inipun dapat dijadikan hack agar membantu fokus kerja.

5 - Get the right furniture for health reason

Memilih tinggi dan surface furniture yang tepat agar kita tetap duduk nyaman dan sehat adalah penting. Posisi duduk tidak bungkuk dan lengan tidak kaku terutama saat kita berlama-lama di depan laptop. Juga, ukuran surface meja yang cukup luas memungkinkan untuk menaruh cukup banyak benda-benda esensial kerja Anda.

6 - Create a cafe vibe

Agar berasa suasana lebih nyaman seperti di cafe, sediakan mesin kopi yang canggih atau tea set keren di ruang kerja Anda. Seleksi teh premium tersedia seperti TWG atau koleksi kopi Indonesia single origin yang variatif layak menjadi stock untuk temani Anda bekerja. Bisa seduh kapan saja, sesuka hati.

7 - Ease your work, use e-tools

Di pandemi ini penggunaan teknologi maju pesat, dan Anda dapat mengambil banyak manfaat dari perubahan yang cepat ini. Ada banyak pilihan software dan e-tools yang dapat memudahkan Anda bekerja dari rumah. Misalnya Google Meet untuk video call atau Miro Board untuk presentasi pemikiran. Pekerjaan dapat selesai lebih cepat dan mudah terukur. Apa software terbaru yang Anda sedang belajar pakai?

8 - Dress up for success

Disiplin diri itu baik. Termasuk sewaktu kita menyiapkan diri setiap pagi dengan berpakaian rapih dan bersih, halnya akan menyemangati mental agar siap bekerja. Bagaimana kalau Anda membuat jadwal OOTD selama seminggu agar dress-up menjadi lebih menyenangkan!

9 - A good wifi connection

Tidak hanya dibutuhkan provider internet yang baik, perlu juga didukung wifi router dalam rumah terutama ke ruang kerja agar sinyal tetap lancar untuk keperluan bandwidth besar misalnya video call atau mengunduh presentasi.

10 - Let light in with fresh air

Terang alami dari jendela yang besar, serta sirkulasi udara yang baik akan membuat Anda bekerja lebih nyaman. Kenapa tidak coba konsultasi dengan renovator rumah untuk menambah atau memperlebar jendela untuk ini? Perubahan ini pasti membawa kenyamanan dan kebebasan Anda bekerja.

Ruang kerja rumah bisa optimal agar Anda bebas produktif!

Tim Mata Air Persada telah membantu banyak keluarga menciptakan rumah Home Sweet Home di masa New Normal ini. Request janjian konsultasi via zoom sekarang. Hubungi What's App button di kanan bawah atau email di inquiry page ini.