10 Tips for Home Workspace with Freedom

10 Tips for Home Workspace with Freedom

8 January 2021 | Reading Time: 3 minutes

Ruang kerja di rumah menjadi salah satu ruangan krusial di masa Stay At Home. Agar Anda dapat dengan leluasa fokus dan bebas berkarya, simak 10 tips berikut untuk upgrade workspace Anda.

TNNLS Content 2

Ruang kerja yang baik tidak sekadar luas atau tanpa distraksi, lebih baik jika didekor sesuai minat Anda sehingga setiap hari memberikan inspirasi dan semangat untuk produktif di rumah sendiri.

1 - Inspirational ambience

Pilih dekorasi ruang dan warna interior yang memberikan inspirasi serta semangat untuk berkarya. Cari inspirasi lewat pinterest dengan keyword interior palette atau home decor palette, pasti Anda dapat temukan yang cocok untuk ruang kerja yang mewah dan aspiratif.

2 - Efficient arrangement

Leluasa bergerak adalah suatu kunci agar kinerja Anda lebih efisien. Dua cara yang bisa dilakukan yaitu pertama-tama atur posisi furnitur, baik kursi kerja, meja kerja atau lemari penyimpan, agar Anda mudah meraih dan menggunakan peralatan kantor. Kedua, pastikan cukup banyak colokan dengan memasang terminal agar semua peralatan elektronik dapat berada dekat dengan Anda.

3 - Green heals, bring plants in

Karena bekerja membawa tekanan tersendiri, maka ide biophilia ini menjadi salah satu solusi coping untuk Anda. Karena, menatap kehijauan terbukti dapat menurunkan stress dan menyegarkan pikiran. Coba bawa masuk tanaman indoor yang mudah untuk dirawat, misalnya, Sansevieria yang tegak dan mudah berkembang. Atau Peace Lily yang daunnya dapat rimbun dan bunganya mekar anggun indah untuk ruang bekerja Anda. Untuk tips merawatnya, bisa coba baca artikel 5 Cara Rawat Indoor Plants.

4 - Less distraction, your way

Usahakan ruang kerja Anda cukup tenang untuk konsentrasi dan bebas melakukan video call. Kalau memungkinkan, atur cell phone Anda menjadi silent agar dapat menyelesaikan sebuah tugas lebih efisien. Beberapa orang justru membutuhkan background noise saat bekerja, inipun dapat dijadikan hack agar membantu fokus kerja.

5 - Get the right furnitures for health reason

Memilih tinggi dan surface furniture yang tepat agar kita tetap duduk nyaman dan sehat adalah penting. Posisi duduk tidak bungkuk dan lengan tidak kaku terutama saat kita berlama-lama di depan laptop. Juga, ukuran surface meja yang cukup luas memungkinkan untuk menaruh cukup banyak kertas dan benda-benda esensial kerja Anda.

6 - Create a cafe vibe

Agar berasa suasana seperti di cafe, sediakan mesin kopi yang canggih atau tea set keren. Seleksi teh premium tersedia seperti TWG atau koleksi kopi Indonesia single origin yang variatif layak menjadi stock untuk temani Anda bekerja. Bisa seduh kapan saja, sesuka hati.

7 - Ease your work, use e-tools

Di pandemi ini penggunaan teknologi maju pesat, dan Anda dapat mengambil banyak manfaat dari perubahan yang cepat ini. Ada banyak pilihan software dan e-tools yang dapat memudahkan Anda bekerja dari rumah dan ini saatnya beradaptasi belajar memakainya. Misalnya Google Meet untuk video call atau Miro Board untuk presentasi pemikiran. Pekerjaan dapat selesai lebih cepat dan mudah terukur. Apa software terbaru yang Anda sedang belajar pakai?

8 - Dress up for success

Disiplin diri itu baik. Termasuk sewaktu kita menyiapkan diri setiap pagi dengan berpakaian rapih dan bersih, halnya akan menyemangati mental agar siap bekerja. Bagaimana kalau Anda membuat jadwal OOTD selama seminggu agar dress-up menjadi lebih menyenangkan!

9 - A good wifi connection

Tidak hanya dibutuhkan provider internet yang baik, perlu juga didukung wifi router dalam rumah terutama ke ruang kerja agar sinyal tetap lancar untuk keperluan bandwidth besar misalnya video call atau mengunduh presentasi.

10 - Let light in with fresh air

Terang alami dari jendela yang besar, serta sirkulasi udara yang cukup akan membuat Anda bekerja lebih nyaman. Kenapa tidak coba konsultasi dengan renovator rumah untuk menambah atau memperlebar jendela untuk kebutuhan ini? This is one thing that makes so much different untuk kenyamanan dan kebebasan Anda bekerja.

^