Kompetisi Desain Notre Dame yang diselenggarakan oleh Pemerintah Prancis

 Kompetisi Desain Notre Dame yang diselenggarakan oleh Pemerintah Prancis

Kebakaran besar yang melanda Notre-Dame (16/04/19) tidak hanya meninggalkan kesedihan di hati masyarakat Prancis, namun kesedihan bagi seluruh dunia. Akibat kebakaran, menara di Notre Dame runtuh. Selama ini bagian tersebut dianggap sebagai ciri khas bangunan gothic Prancis tersebut. Meski menjadi ciri khas, nyatanya menara tersebut bukan bagian asli katedral.
Setelah kejadian ini Pemerintahan Prancis berencana membuat kompetisi untuk mengganti bangunan yang terbakar di Katedral Notre Dame, Paris. Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe mengajak studio Arsitektur di seluruh dunia mulai menawarkan proposal sebagai alternatif perbaikan katedral.
Berikut beberapa design yang dianggap menarik dari design yang sudah diajukan oleh Studio Arsitektur, sebagaimana dikutip oleh dazeen :

1. Mathieu Lehanneur (Instagram : @mathieulehanneur)
Desainer Prancis Mathieu Lehanneur mengusulkan mengganti menara bukan dengan replika dari apa yang dibangun 150 tahun yang lalu, tetapi apa yang ada di sana selama kebakaran.
Menurutnya, momen saat terjadi kebakaran akan terus diingat, oleh karena itu Lehanneur menangkap bencana dan mengubahnya menjadi keindahan. Proyek ini adalah api permanen yang monumental yang ditutupi dengan daun emas.

2. Studio AJ6 (Instagram : @alexandre_fantozzi)
Firma arsitektur berbasis di São Paulo, AJ6 Studio membayangkan Notre Dame dibangun kembali dengan atap dan menara yang hampir seluruhnya terbuat dari kaca patri.
"Dalam gothic ada hubungan bumi dengan langit, dan di dalam katedral, iluminasi alami berlipat ganda dalam warna melalui saringan penutup pada kaca patri," jelas mitra AJ6 Studio, Alexandre Fantozzi.

3. Vizumatelier (Instagram : @ Vizumatelier)
Proposal firma Vizumatelier yang berbasis di Bratislava, Slowakia ini ingin membuat menara ringan yang bagian atapnya muncul seberkas cahaya yang akan bersinar langsung menembus langit
"Pada masa gothic (arsitektur), banyak pembangunan gedung mencoba menjangkau langit. Sekarang mungkin untuk mewujudkannya," kata perwakilan dari Firma Vizumatelier.

4. Studio Fuksas (Instagram : @fuksas_architects)
Arsitek Italia Massimiliano dan Doriana Fuksas mengusulkan penambahan atap kontemporer dan menara yang terbuat dari kristal Baccarat yang akan menyala pada malam hari.

5. Kiss The Architect (Instagram : @kissthearchitect)
Kiss the Architect yaitu sebuah studio Arsitektur yang mengkoloborasikan design cyprus, mengusulkan membangun atap notre dame dengan mengkombinasikan lengkungan dan bola yang membungkus sekeliling tangga utama

6. Alexander Nerovnya (Instagram : @alex_nerovnya)
Seorang Arsitek yang berasal dari Rusia ini mengusulkan design atap Notre Dame dengan mengkombinasikan atap kaca dengan gaya Menara yang lebih tradisional.”Setiap orang yang datang ke gereja, akan merasakan koneksi yang luarbiasa terhadap sejarah kuno dan modern bersamaan “ jelas Nerovnya

7. David Deroo (Instagram : @deroodavid)
Seorang arsitek yang berasal dari perancis telah mendesain dengan konsep “gambaran ideal bagaimana Notre Dame akan dibangun kembali” secara visual, terlihat versi atap yang modern dan puncak Menara yang menyerupai aslinya.

WhatsApp WHATSAPP US