The Difference Between Wet Bathroom and Dry Bathroom



The Difference Between Wet Bathroom and Dry Bathroom

Kamar mandi adalah sebuah ruangan atau tempat dimana kita membersihkan tubuh dengan air dan sabun. Ruangan ini dapat di sebut sangat krusial, lantaran kita tidak dapat menemukan fugsinya di ruangan lain. Dengan seiring berjalannya waktu, fungsi kamar mandi menjadi lebih luas, seperti halnya kamar mandi menjadi tempat menghilangkan stress, tempat memanjakan diri, bahkan dijadikan ruangan untuk menonton hiburan. Beberapa pertanyaan yang harus terjawab demi terciptanya kamar mandi yang fungsionall kita harus mencari data & informasi yang berkaitan dengan perancangan tersebut,  setelah itu barulah dapat di implementasikan. Kamar mandi sendiri terbagi 2 jenis yaitu kamar mandi kering dan kamar mandi basah.

 

Untuk merenovasi kamar mandi kita dapat mengkaji layout yang sudah ada, tetapi jika merancang kamar mandi  baru kita lebih mementingkan fungsinya. Beberapa pertanyaan yang akan membantu perancang menciptakan kamar mandi sesuai gunanya yaitu siapa yang akan menggunakan, bagaimana digunakannya, dimana peletakan barang-barang.

 

LAYOUT

 

1. Home Bathroom

Menurut sumber Universal Design, home bathroom memiliki standart area sirkulasi untuk beraktivitas sebesar 150 cm dengan ukuran dalam kamar mandi 210 x 250 cm.

2. Home Shower

Home shower memiliki ukuran dalam ruangan yang sama dengan home bathroom, area sirkulasinya pun juga sama.

 

 

ANTROPOMETRI

 

1. Lavatory

Direkomendasikan oleh universal design sebesar 20 inch dari tembok ke tengah lavatory atau tengah top table, tetapi jika kamar mandi mempunyai ukuran yang sempit atau kecil dapat menggunakan jarak minimumnya yaitu 15 inch. Jika tidak menggunakan meja dan berdiri sendiri, maka jarak ujung lavatory sampai ke tembok diharuskan 4 inch.

 

2. Shower

Ukuran interior box shower standartnya adalah 90 x 90 cm dengan penempatan shower spray di atas kepala, 3 inchi dari ukuran paling atas shower box. Jika ukuran tersebut terlalu besar dan tidak memungkinkan untuk kamar mandi yang kecil, maka dapat menggunakan ukuran minimum, yaitu 75 x 75 cm untuk interior boxnya.

 

PERTIMBANGAN DESAIN

 

1. Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu elemen interior yang sangat dibutuhkan di dalam kamar mandi. Pencahayaan pun bisa dibilang sebagai kunci dari kamar mandi itu sendiri. Dengan pencahayan yang cukup, pengguna dapat menikmati kecantikan ruangan dan melakukan kegiatannya dengan aman.

 

Selain lampu umum untuk memberi cahaya secara keseluruhan, task lighting dapat diaplikasikan di dalamnya untuk menunjang kegiatan-kegiatan lain seperti berdanan dan mengaplikasikan makeup. Rekomendasi level lux untuk sebuah kamar mandi adalah 250 lux tetapi jika pengguna memiliki keterbatasan dalam melihat atau demensia setidaknya harus menggunakan lampu dengan tangkat level cahaya 300 lux.

 

Untuk task lighting dapat diaplikasikan di kaca tepatnya sejajar dengan mata manusia agar pengguna mendapatkan bayangan cahaya yang pas dan tidak mengganggu kegiatannya seperti memakai makeup, mencukur, merawat gigi, dll. Jika lampu diletakkan di atas ruangan maka akan menimbulkan bayangan di bawah mata, hidung, dan dagu yang akan membuat penampilan pun terlihat 10 tahun lebih tua.

 

2. Finishing Lantai

Sebenarnya lantai tidak ada masalah jika menggunakan material apapun jika tau treatment manakah yang tepat. Dari warna sampai ke pola pun juga tidak ada maslah, kecuali tekstur finishing lantai. Tekstur yang kasar sangat cocok digunakan di dalam kamar mandi karena berfungsi untuk mengurangi kelicinan terutama ruangan ini berhubungan dengan air. Contoh lantai bertekstur kasar adalah limestone, keramik finishing doff, kayu, bebatuan, dll. Jika sekalinya ingin menggunakan marmer pun tidak apa apa meskipun memiliki tekstur cukup licin, tetapi kita harus memberi treatment yaitu dengan nat.

 

3. Warna

Sama dengan finishin lantai, wara apapun tidak menjadi masalah asal tau penempatan yang benar. Karena kontras warna sangat dibutuhkan di dalam kamar mandi untuk membedakan area dan barang-barang apa saja yang ada di dalam sana.

 

4. Shower

Shower yang baik bisa dikatakan shower yang memiliki floor drain persis di bawah shower itu sendiri agar air yang jatuh tidak susah dikeluarkan dan tidak meluber kemana-mana.